JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Saat Presiden Jokowi Kehabisan Pertanyaan Spontan dan Ditanya Sepedanya Mana.. 

Presiden Jokowi saat memberi sambutan dalam acara Khataman dan Haul Ponpes An Najah Gondang, Sragen, Sabtu (14/7/2018) malam. Foto/Wardoyo
Presiden Jokowi saat memberi sambutan dalam acara Khataman dan Haul Ponpes An Najah Gondang, Sragen, Sabtu (14/7/2018) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Dalam setiap kunjungan ke daerah dan bertatap muka dengan masyarakat, Presiden RI Joko Widodo memang identik dengan tradisi bertanya dan bagi hadiah sepeda. Tak terkecuali sata menghadiri acara Khataman dan Haul Ponpes An Najah, Gondang, Sragen Sabtu (14/7/2018) malam.

Di hadapan ribuan santri, jemaah dan warga yang memadati halaman Ponpes, Presiden ketujuh RI itu juga tak lupa menyempatkan sesi bagi hadiah sepeda. Selesai memberi sambutan, seperti biasa Presiden kemudian meminta salah satu warga untuk naik ke panggung guna menjawab pertanyaan.

Kesempatan pertama didapat salah satu santriwati Ponpes An Najah, Tiara. Ia diminta menjawab pertanyaan dengan menyebutkan 10 nama ikan yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Pulang dari Jakarta, Warga Miri Sragen Ketahuan Positif Covid-19 dan Dirawat di Rumah Sakit. Jumlah Kasus Positif Melonjak Jadi 514, Jumlah Warga Meninggal Sudah 68 Orang

Pertanyaan itu pun sukses dijawab Tiara. “Mana sepedanya, keluarkan. Mpun mangga dipendet (sudah, silakan ambil), ” kata Presiden menunjuk ke arah sepeda hadiah yang sudah disiapkan.

Kesempatan kedua datang untuk Bayu Kuntoro, yang ternyata juga santri di Ponpes tersebut. Ia langsung tunjuk jari saat Sang Presiden bertanya yang hafal Pancasila.

Di hadapan Presiden, santri asal Mantingan, Ngawi itu dengan lancar melafalkan lima sila dalam Pancasila tanpa cela. Takut ditanya sepedanya mana, Presiden pun langsung menyergah.

Mpun langsung dipendet, gak usah tanya sepeda ya, (Sudah langsung diambil), ” ketusnya.

Dua sepeda sudah terbagi. Tiba giliran Presiden membuka kesempatan untuk ketiga. Ia kemudian menunjuk seorang perempuan yang tunjuk jari.

Baca Juga :  Buntut Aksi Boikot Media Saat Penetapan Paslon Pilkada Sragen, Mantan Komisioner Rame-Rame Soroti Kinerja KPU. Roso Khawatir Kepercayaan Publik Memburuk, Budi Sebut Bikin Malu Sragen!

Saat naik ke panggung, Presiden sempat berseloroh kenapa naik. Perempuan itu dengan lugu menjawab pingin dapat sepeda pak.

Mendengar jawaban itu, Jokowi langsung berubah pikiran. Bukan memberi pertanyaan, ia ternyata langsung menyuruh perempuan muda itu untuk mengambil sepeda.

“Ya udah langsung ambil. Katanya pingin dapat sepeda. Kebetulan saya juga sudah kehabisan pertanyaan spontan,” sebut Presiden sembari tersenyum.

Usai membagi tiga sepeda, Presiden kemudian mengakhiri sambutan dan memohon diri. Selama hampir satu jam di acara itu, Presiden kemudian bertolak ke kediamannya di Solo sekitar pukul 21.00 WIB.  Wardoyo