loading...


Salah satu tim penilai lomba Sekolah Sehat (berdiri kedua kiri) didampingi Kepala Sekolah Sr Cresentia, guru kelas dan komite sekolah di salah satu ruang kelas 1 SD Marsudirini Surakarta/Foto-foto Joglosemarnews-Suhamdani

SOLO – SD Marsudirini Surakarta berhasil meraih Juara I dalam lomba Sekolah Sehat tingkat Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.  Dengan demikian,  sekolah ini berhak maju mewakili Kecamatan Pasar Kliwon dalam lomba yang sama di tingkat Kota Solo.

Humas sekolah, Yupirtus Suratno kepada Joglosemarnews menjelaskan, dalam lomba di tingkat Kecamatan tersebut, SD Marsudirini mewakili Gugus 2 Diponegoro. Di Kecamatan Pasar Kliwon sendiri terdapat tujuh gugus.

“Jadi sekolah ini berhasil menyisihkan enam rivalnya di lomba sekolah sehat ini,” ujar Y Suratno, Minggu (29/7/2018).

Dijelaskan, ada beberapa unsur yang dinilai dalam lomba Sekolah Sehat tersebut, di antaranya kebersihan lingkungan sekolah, mulai dari halaman, ruangan kelas, UKS , toilet,  ruang ibadah, kantin sekolah  dan lain-lain. Literasi  di bidang kebersihan lingkungan pun juga turut menjadi unsur yang dinilai.

Baca Juga :  IAIN Salatiga Bangun Hutan Serbaguna Seluas 5 Hektare

Kepala SD Marsudirini Surakarta, Sr. M Crescentia, OSF, S.Pd mengatakan,  keberhasilan tersebut sebenarnya bukan menjadi tujuan utama sekolah. Pasalnya, jauh sebelum lomba,  kebersihan sudah dijadikan sebagai bagian dari budaya bagi seluruh keluarga SD Marsurini setiap harinya.

Suster mengatakan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran dan dukungan dari pihak-pihak lain, mulai dari  orang tua siswa, masyarakat sekitar dan pemerintahan setempat.   Dengan keberhasilan tersebut, Suster Cresentia berharap SD Marsudirini harus benar-benar menjadi sekolah yang sehat, bukan sebatas karena ada lomba.

Baca Juga :  IAIN Salatiga Bangun Hutan Serbaguna Seluas 5 Hektare

“Dan yang boleh dilupakan, keberhasilan ini juga berkat kerja sama yang baik dengan komite sekolah, yang selama ini cukup aktif,”  ujar Suster Cresentia.

Sementara itu, Ketua Komite SD Marsudirini Surakarta, Maria Irena Hendriyanti mengatakan, sekolah yang bersih, rapi dan tertata dengan baik  akan membuat siapapun yang tinggal dan beraktivitas di dalamnya merasa nyaman, sehat jasmani dan rohani.

Karena itulah, ujar Maria Irena, Komite dan Sekolah senantiasa mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai untuk lingkungan sekolah.  “Kerja sama yang baik menjadi kunci terciptanya lingkungan yang baik untuk terlaksananya kegiatan belajar anak-anak,” ujarnya. #Suhamdani

Baca Juga :  IAIN Salatiga Bangun Hutan Serbaguna Seluas 5 Hektare

 

Loading...