loading...


SUKOHARJO-Pemkab Sukoharjo berkerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini terus mematangkan konsep Sukoharjo sebagai Smart City.

Smart City di Sukoharjo merupakan tindaklanjut memorandum of understanding (MoU) antara Bupati Wardoyo Wijaya dengan Kemenkominfo sebelumnya. MoU terkait Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua di Indonesia.

Sekda Sukoharjo, Agus Santoso mengatakan, untuk mendukung Smart City di Sukoharjo, saat ini telah dibentuk Dewan Smart City. Yang jelas menurut dia, Smart City sangat menguntungkan. Lantaran kinerja birokrasi lebih meningkatkan dan pelayanan publik semakin mudah, kebijakan pemerintah juga gampang diakses.

Baca Juga :  Ini Bantuan Pemkab Sukoharjo Bagi Kontingen PORPROV 2018. Turunkan 135 Atlet Untuk 25 Cabor

“Sesuai perkembangan zaman, semua OPD terus mempersiapkan diri menuju Smart City di Sukoharjo,” kata dia, Minggu (8/7/2018).

Terlebih, ujar dia, pedoman soal Smart City sudah dipunyai. Yakni Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Smart City. Smart City bakal fokus pada enam strategi. Meliputi Smart Branding, Smart Economy, Government, Smart Society, Smart Living, dan Smart Environment.

Baca Juga :  Kecelakaan di Kepuh Sukoharjo. Bus Gunung Mulia Tabrakan Dengan Jaya Guna Hage, 2 Motor Ikut Ringsek

Smart City rencananya terdiri dari pengembangan kebijakan dan kelembagaan, pembangunan aplikasi dan penguatan literasi Smart City, serta rencana pembangunan infrastruktur.

“Saat ini pula telah banyak usulan dan analisa terkait Smart City di Sukoharjo,” tandas dia. Aris Arianto

Loading...