JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ternyata Ini Penyebab Meluasnya Kebakaran Hutan di Wonogiri

Kebakaran hutan di Desa Gumiwang Lor,, Wuryantoro.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kebakaran hutan di Desa Gumiwang Lor,, Wuryantoro.

WONOGIRI-Titik api sekecil apapun ketika ditemukan di dalam lahan, harus segera dipadamkan. Pasalnya inilah pemicu dari meluasnya kebakaran lahan.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengungkapkan hal itu, Jumat (27/7/2018). Menurut dia sejumlah kebakaran lahan yang terjadi belakangan ini sebenarnya sejak awal sudah diketahui warga sekitar. Hanya saja warga tidak segera memadamkannya, mungkin dianggap api masih kecil tidak membuat kebakaran besar.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Tujuan Penebaran 50 Ribu Ekor Bibit Ikan Patin di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

“Kami terus memberi pembinaan kepada warga setempat untuk waspada serta meminta melakukan langkah percepatan penanganan saat melihat titik api awal agar kejadian tidak terulang kembali,” ungkap dia.

Kenyataan itu juga terjadi saat kebakaran melanda hutan rakyat
di Dusun Nglingi RT 1 RW 13 Desa Gumiwang Lor Kecamatan Wuryantoro, Kamis (26/7/2018) malam. Lahan hutan rakyat dengan tanaman jati berikut semak-semak dan tanaman lain diatasnya seluas 1,5 hektare terbakar.

Baca Juga :  Apakah BLTDD Akan Diperpanjang? Begini Sikap Pemkab Wonogiri

Awal mula titik api terlihat kecil. Namun tidak ada upaya pemadaman segera oleh warga setempat. Selang beberapa waktu api mulai menjalar dan membesar, baru kemudian melaporkan ke BPBD.

“Korban tidak ada sedangkan kerugian material tanaman jati terbakar masih dalam proses perhitungan pemilik lahan,” sebut dia. Aris Arianto