loading...


cat.bkn.go.id/

Pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tak lama lagi. Hal itu ungkapkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur.

Sebentar lagi Pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Hal itu dituturkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur.

Untuk seleksi CPNS tahun ini, formasi guru dan tenaga kesehatan adalah yang paling banyak dicari.

Dalam jumpa pers di sela-sela acara Rakornas Kepegawaian Nasional 2018 Asman menjelaskan, khusus untuk formasi guru dibutuhkan lebih kurang 100.000 orang.

Jumlah tersebut di luar formasi untuk jabatan teknis lainnya.

“Itu untuk menutupi kekurangan guru yang menurut data Kementerian Dikbud kekurangan 700.000-a guru untuk seluruh daerah,” jelas Asman.

Baca Juga :  Pidato Lengkap Presiden Jokowi yang Singgung Game of Thrones

Seleksi CPNS tahun ini juga akan dilaksanakan secara terintegrasi menggunakan portal sscn.bkn.go.id.

Oleh karena itu, peserta tak perlu membuka dua portal untuk mendaftar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ; pendaftar di beberapa kementerian atau lembaga, harus membuka dua portal saat pendaftaran.

Selain sistem pendaftaran yang terintegrasi, tahun ini seluruh tes kompetensi, baik itu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN.

“Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik,” kata Iwan saat menjadi Keynote Speaker dalam Rakornas Kepegawaian 2018, seperti dikutip dari laman resmi Setkab.

Baca Juga :  Curhat Haru Istri Kontraktor Yang Tewas  Kecelakaan Dengan Selingkuhannya LC Cantik di Sarangan. "Biar Suami Saya Selingkuh, Asal Tidak Ditinggal Mati"

Apa itu Computer Assisted Tes (CAT) BKN?

CAT (Computer Assisted Test ) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Peserta langsung mengerjakan ujian di komputer, waktu tes yang tersisa juga terlihat jelas di monitor.

Peserta hanya perlu mengetuk mouse untuk memilih jawaban yang benar, jika soal dalam bentuk pilihan ganda.

Dijelaskan di laman cat.bkn.go.id, hasil seleksi dengan CAT dapat langsung dilihat tanpa menunggu lama.

Nilainya akan langsung ke luar setelah selesai ujian.

Hasil ujian dengan CAT BKN dapat dipertanggungjawabkan.

Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang memudahkan dalam audit, sehingga ketahuan jika terjadi hal tak terduga.

Baca Juga :  Fokus Memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, Yenni Wahid Lepas Jabatan Direktur Wahid Institute

Pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai selesai dapat diikuti, sehingga jawaban peserta dapat dilacak.

Saat ini, stasiun CAT BKN tersebar hampir di setiap provinsi, yang aktif digunakan untuk ujian CPNS maupun uji kompetensi pegawai.

www.tribunnews.com

Loading...