loading...
Loading...
Koreografi dari sekitar 8.000 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di lapangan Kampus 2, Selasa (14/8/2018).

SUKOHARJO-Sekitar 8.000 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) unjuk gigi dengan membuat formasi koreografi yang bertemakan ke-Indonesiaan, Selasa (14/8/2018). Koreografi formasi mahasiswa baru ini merupakan salah satu pengisi acara dalam kegiatan Grand Opening Masta (masa ta’aruf) atau penyambutan mahasiswa baru.

Bertempat di Lapangan Kampus 2, mereka mempersembahkan formasi tersebut sebagai kado menyambut HUT ke 73 Kemerdekaan Republik (Indonesia (RI). Tulisan yang dibuat dalam formasi tersebut bertulisakan “UMS, 60 Tahun Untuk Negeri”.

Selain menyambut Milad UMS yang jatuh pada bulan Oktober mendatang, formasi koreografi ini juga ditujukan untuk menunjukkan pengabdian UMS kepada negeri tercinta. Dalam membentuk formasi tulisan itu, mereka sambil menyanyikan lagu-lagu bernuansa perjuangan seperti “Indonesia Pusaka”, “Bagimu Negeri” dan “Indonesia Raya”.

Baca Juga :  Semnas Civil Week UNS 2019: Mengkaji Perencanaan Infrastruktur Pemindahan Ibu Kota Negara

Tulisan “Untuk Negeri” yang dimunculkan dalam koreografi tersebut merupakan tekad, bahwa perjuangan UMS selama ini dalam mewujudkan kampus yang berkualitas adalah semata-mata untuk mendidik generasi bangsa yang hebat dan berkualitas sehingga bisa membawa Negeri Indonesia semakin hebat dan maju.

Rektor UMS Dr Sofyan Anif MSi menyampaikan selamat datang kepada ribuan mahasiswa bergabung dengan kampus swasta terbaik sehingga bisa mengantar mereka menuju gerbang kesuksesan.

“Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, anda semua berada di tempat yang tepat untuk menimba ilmu dan keahlian menuju masa depan yang semakin baik. Saya juga berterima kasih kepada panitia yang telah sukses membuat acara penyambutan mahasiswa kali ini terasa berbeda dari sebelumnya,” ungkap Sofyan Anif.

Baca Juga :  Mahasiswa UNSA Ikuti Latihan Bela Negara Di Lanud Adi Soemarmo

Ditambahkan Sofyan Anif, sebagai bagian dari perjalanan bangsa ini, Muhammadiyah yang lahir terlebih dulu dari Negara Indonesia, punya kewajiban untuk menjaga dan mengisi bangsa ini dengan karya-karya yang berkemajuan untuk bangsa. “Salah satunya lewat pendidikan, termasuk melalui Kampus UMS ini,” ungkapnya.

Karena itulah dengan formasi koreografi mahasiswa baru yang mengambil tema pengabdian dan berbakti untuk negeri ini sesuatu yang tepat. Apalagi menjelang HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Baca Juga :  Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik, UMS Gaungkan Tagar #umscantiktanpaplastik

Ribuan mahasiswa memenuhi lapangan di depan Masjid Sudalmiyah Rais sejak pagi dengan berseragam jas almameter. Mereka dipandu oleh panitia dari Menwa dan IMM untuk beruba-ubah membuat formasi tulisan.

Selain itu, mereka juga mendengarkan orasi kebangsaan dari Dr Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Abdul Mu’ti berharap para mahasiswa ini akan meneruskan perjuangan sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah yang unggul di semua bidang. (Triawati Purwanto)

Loading...