loading...
Loading...
Dok ACT Yogyakarta

LOMBOK – Bantuan kemanusiaan untuk korban Gempa Lombok,  Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berdatangan. Minggu  (12/8/2018) siang, sebanyak 5 Truk Kemanusiaan dari Lembaga ACT Yogyakarta tiba di Lombok Barat.

Dijelaskan Nasrudin dalan rilisnya ke Joglosemarnews, truk-truk kemanusiaan tersebut sebelumnya telah menempuh perjalanan dari Yogyakarta sejak Jumat sore (10/8/2018), dan tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Sabtu (11/8/2018) malam, kemudian diteruskan melintasi Selat Bali dan menyeberang Selat Lombok.

Truk yang membawa sembako, pakaian, serta perlengkapan sanitasi, merupakan sumbangan dari masyarakat Yogyakarta, yang dipercayakan kepada ACT DIY untuk disalurkan kepada korban gempa Lombok.

Baca Juga :  Beredar Daftar Menteri Kabinet 2019-2024, Ini Reaksi TKN

Kedatangan Truk Kemanusiaan dari ACT DIY di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, langsung disambut hangat oleh TNI, Dinas Perhubungan Provinsi NTB serta mendapat pengawalan dari Polda NTB dari pelabuhan hingga Posko Induk ACT yang terletak di Mataram-NTB.

Agung selaku Relawan ACT yang ikut rombongan Truk Kemanusiaan menyampaikan rasa syukurnya telah sampai di Lombok dengan selamat.

“Alhamdulillah, setelah perjalanan kurang lebih 2 hari sejak Jumat kemarin, hari ini truk yang membawa bantuan kemanusiaan tiba juga di Lombok,” ujar Agung, sebagaimana dikutip dalam rilis.

Setelah 5 Truk Kemanusiaan dari Yogyakarta sampai di Lombok, datang menyusul 5 Truk Kemanusiaan dari ACT Jawa Timur dan 7 Truk Kemanusiaan dari ACT Jawa Barat.

Baca Juga :  Warga Pamulang ini Jemur di Kabel yang Menjuntai Setengah Meter dari Jalan, Ternyata ini Alasannya

Sebelumnya, Senin (6/8/2018) melalui jalur udara, bantuan dari ACT yang berupa armada Foodtruck, Ambulan dan Mobil Rescue serta bahan bantuan lainnya, diangkut mengunakan pesawat Hercules dari Jakarta.

Sementara bantuan kemanusiaan untuk Lombok yang menggunakan jalur darat (armada truk), ditujukan untuk memberi pesan kemanusiaan kepada masyarakat di perjalanan menuju Lombok, bahwa ada saudara-saudara kita di Lombok yang sedang dilanda  bencana dan sedang membutuhkan kepedulian bersama.

Bantuan kemanusiaan untuk Lombok tidak selesai sekali ini saja, “rencananya setelah hari raya Idul Adha (Qurban), ACT DIY akan mengirimkan Truk Kemanusiaan tahap 2, dengan membawa bantuan lebih banyak” ujar Agus Budi Hariyadi, Kepala Cabang ACT DIY.

Baca Juga :  Agustus 2019 Diprediksi Jadi Puncak Kemarau, BMKG Ingatkan Dampak Kekeringan dan Potensi Kebakaran

“Alhamdulillah, setelah keberangkatan Truk Kemanusiaan tahap 1 kemarin, bantuan kemanusiaan dari masyarakat Yogyakarta terus mengalir, menggambarkan bahwa masyarakat Jogja adalah masyarakat yang peduli terhadap terhadap bencana di Lombok” tambahnya.

Selain itu atas sinergi dengan TNI AL, pada 17 Agustus mendatang ACT juga akan mengirimkan 1000 ton bantuan kemanusiaan  untuk Lombok menggunakan armada kapal laut yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. #Suhamdani

Iklan
Loading...