JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gawat. Kasus Cacing Hati Ditemukan di Wonogiri, Ada di 43 Ekor Sapi dan 16 Kambing

Hewan kurban
   
Hewan kurban

WONOGIRI-Petugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menemukan puluhan hewan kurban yang telah disembelih mengandung cacing hati. Oleh petugas hati yang berbahaya itu langsung dibuang, sementara dagingnya masih bisa dikonsumsi.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri, Sutardi Sending mengungkapkan, sebanyak 43 ekor sapi dan 16 ekor kambing yang telah disembelih ditemukan ada cacing hati.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

Berdasarkan laporan yang diterima sementara ada 255 tempat pemotongan yang diperiksa. Dalam laporan itu diperoleh data sejumlah 655 ekor sapi yang disembelih. Untuk kambing ada 2.239 ekor dan domba 61 ekor.

“Dari total itu sebanyak 43 ekor sapi dan 16 ekor kambing diditemukan cacing pada hatinya. Selain itu seekor kambing diketahui memiliki penyakit kulit,” ungkap dia, Rabu (22/8/2018).

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

Dia menegaskan hati yang mengandung cacing langsung dibuang, lantaran membahayakan kesehatan. Sementara dagingnya tetap bisa dibagikan untuk dikonsumsi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com