loading...
Hewan kurban

WONOGIRI-Petugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menemukan puluhan hewan kurban yang telah disembelih mengandung cacing hati. Oleh petugas hati yang berbahaya itu langsung dibuang, sementara dagingnya masih bisa dikonsumsi.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri, Sutardi Sending mengungkapkan, sebanyak 43 ekor sapi dan 16 ekor kambing yang telah disembelih ditemukan ada cacing hati.

Baca Juga :  Enggan Berhenti Pencegahan COVID-19, Pasar Ploso Kecamatan Puhpelem Wonogiri Disemprot Disinfektan

Berdasarkan laporan yang diterima sementara ada 255 tempat pemotongan yang diperiksa. Dalam laporan itu diperoleh data sejumlah 655 ekor sapi yang disembelih. Untuk kambing ada 2.239 ekor dan domba 61 ekor.

“Dari total itu sebanyak 43 ekor sapi dan 16 ekor kambing diditemukan cacing pada hatinya. Selain itu seekor kambing diketahui memiliki penyakit kulit,” ungkap dia, Rabu (22/8/2018).

Baca Juga :  Benarkah Ada Warga Kecamatan Giritontro Wonogiri yang Positif Corona? Seperti Ini Pernyataan Resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Dia menegaskan hati yang mengandung cacing langsung dibuang, lantaran membahayakan kesehatan. Sementara dagingnya tetap bisa dibagikan untuk dikonsumsi. Aris Arianto