JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Pria Ini Temukan Cincin Emas Romawi Berusia 18 Abad

   
Tempo.co

JAKARTA – Seorang petugas pengendalian hama, Jason Massey (45)  menemukan perhiasan langka berupa cincin emas Romawi berusia 1.800 tahun di Somerset, Inggris  menggunakan alaet pendeteksi logam.

Seperti dilansir Daily Mail (4/8/2018), Jason Massey (45) yang bekerja sebagai petugas pengendalian hama, menemukan perhiasan langka, yang menampilkan ukiran dewi kemenangan Bangsa Romawi, di sebuah ladang dekat Crewkerne, Somerset, Inggris.

Cincin emas ini diyakini milik seorang tokoh dengan status sosial tinggi dan berpotensi sebagai salah satu penemuan arkeologi paling signifikan dalam sejarah Somerset.

Cincin emas Romawi kini berada di tangan para ahli di British Museum di London. Cincin ini diperkirakan berasal dari tahun 200 hingga 300 Masehi.

Massey, yang pernah berdinas di angkatan bersenjata Inggris dari 1989 hingga 1992, menemukan cincin di sebuah situs yang diyakini pernah menjadi vila pejabat Romawi berstatus tinggi selama acara penggalian amal bersama kelompok “Detecting for Veterans”.

“Tim arkeologi Somerset mengira kami telah menemukan kompleks vila dengan status sangat tinggi, tetapi lebih banyak pekerjaan investigasi diperlukan,” kata Massey.

Massey dan pemilik tanah akan berbagi 50 persen dari setiap keuntungan dari cincin emas setelah para peneliti British Museum menentukan nilainya.

“Kami tidak tahu berapa besar nilai cincin itu, tidak ada yang seperti itu di Inggris,” kata Massey.

Acara “Detecting for Veteran” telah menemukan 60 koin Romawi lainnya pada Minggu sebagai bagian dari penggalian yang sedang berlangsung di situs Crewkerne, yang terletak di barat selatan Yeovil.

Koin perunggu dan perak adalah temuan umum dibanding emas, yang biasanya dimiliki oleh orang Romawi yang kaya dan berkuasa.

Cincin emas Romawi berukir dewi kemenangan bangsa Romawi, Victoria [Facebook Jason Massey via Daily Mail]

Ciorstaidh Hayward-Trevarthen, humas South West Heritage Trust, organisasi dalam bidang artefak, mengatakan, “Ada beberapa cincin emas semacam itu akhir-akhir ini di Somerset tetapi jarang ditemukan”.

“Emas adalah indikasi bahwa pemiliknya cukup kaya,” kata Ciorstaidh.

Cincin emas yang ditemukan Massey menampilkan ukiran Victoria, dewi kemenangan Romawi, yang mengendarai kereta yang ditarik oleh dua kuda.

 

Dewi Victoria banyak terukir pada koin, perhiasan, arsitektur, dan seni Romawi lainnya, dan sering digambarkan mengendarai kereta kuda perang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com