loading...
Humas UNS

SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sholat Idhul Adha 10 Dzulhijjah 1439 dihalaman Gedung dr Prakosa Rektorat kentingan Surakarta, Rabu (22/8/2018).

Bertindak sebagai imam dalam sholat Idhul Adha Bia Haqqulimara mahasiswa FIB UNS 2018, dan bertindak sebagai Khotib seusai shalat Idul Adha Rektor UNS Prof Ravik Karsidi dengan berceramah tentang “Jiwa Berkurban Sebagai Pengikis Kesenjangan Sosial”.

“Idul Adha disebut sebagai hari raya kurban. Sebab, pada hari ini dan tiga hari sesudahnya (hari Tasyrik) umat Islam yang mampu menyembelih hewan kurban yang dagingnya dibagi-bagikan kepada kaum fakir miskin”, urai Ravik dalam khotbahnya.

Loading...
Baca Juga :  UNS Jalin Kerjasama dengan PT Ndayu Park Bitec

Ravik menambahkan, menyembelih hewan kurban diharapkan bisa menghayati akan sejarah dari dua kekasih Allah, yaitu nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ayah dan anak yang menyelesaikan dengan baik perintah Allah yang sangat berat, untuk menyembelih putra kesayangan nya dengan tangan sendiri.

“Tetapi Allah yang maha mengetahui akan segala rahasia yang tersimpan didalam hati kedua insan Kekasihnya itu, kemudian Allah Menganti keikhlasan hati mereka itu dengan seekor domba besar untuk disembelih. Peristiwa ini yang akhirnya secara simbolik menjadi syariat Islam, untuk umat manusia selalu bersedia mengurbankan harta (berubah hewan kurban) yang kemudian daging kurban dibagi-bagi kepada para fakir miskin,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gelar Diskusi Soal Polemik UU KPK, BEM Uniba Dorong Uji Materi MK

Ravik menekankan bahwa Ibadah qurban adalah spirit yang mengandung nilai sosial kemasyarakatan, bahkan jika diamalkan dengan kesungguhan hati akan bisa mengikis jurang antara yang kaya dan miskin. Ibadah qurban juga bisa menumbuhkan kebiasaan berkurban/perilaku membantu dari yang berkelebihan kepada yang kekurangan, dan bisa mengisi kesenjangan sosial ditengah masyarakat.

Baca Juga :  Ibu Negara Iriana Jokowi Minta Doa Untuk Kelancaran Proses Persalinan Selvi Ananda dan Cucunya

Sementara itu, ribuan jamaah shalat Idul Adha memadati halaman gedung dr Prakosa Rektorat UNS berasal dari masyarakat sekitar kampus, karyawan dan mahasiswa UNS.

“Untuk agenda besok penyerahan hewan kurban bersama pimpinan UNS di masjid Nurul Huda , untuk sementara data hewan kurban baru terdata sebanyak 11 ekor sapi dan 160 kambing. Karena sampai saat ini hewan kurban masih bisa bertambah”, ujar Suwarto selaku takmir masjid Nurul Huda UNS. Triawati PP

Loading...