loading...
Loading...
Istimewa

SOLO- Palang Merah Indonesia (PMI) Solo menghibahkan satu unit armada untik operasional penanganan korban gempa di Lombok, NTB. Hibah tersebut sekaligus bersama pengiriman bantuan tambahan bagi para korban yang datang dari masyarakat Kota Solo.

Sekretaris PMI Solp, Sumartono mengungkapkan, gempa yang melanda lombok beberapa hari yang lalu dan menimbulkan banyak korban harta dan nyawa. Untuk itu, PMI Solo membuka posko bantuan bagi masyarakat Solo yang ingin berpartisipasi. Dalam hal ini, PMI Solo memastikan akan menyalurkan bantuan di daerah pinggiran terdampak gempa.

“Hal ini turut menjadi perhatian dari PMI Kota Surakarta. Sejak minggu malam (5/8/2018) PMI Sudah berkoordlnasl untuk kemungkinan-kemungkinan bantuan yang bisa diberikan ke Lombok. Berdasarkan hasil kordlnas! dengan PM| Provinsi Jateng dan PMI Pusat, Senin (6/8/2018) PMI Kota surakarta mengirimkan 1 tlm yang terdiri dari dokter, tenaga kesehatan, dan tim rescue lengkap beserta Armada (Ambulan dan mobil lapangan) dan segala perlengkapan medis dan Rescue, selain itu PMI bersama PT Mats Indonesia juga mengirimkan 1000 tikar kesana,” paparnya, Rabu (8/8/2018).

Baca Juga :  Dampak Bom Bunuh Diri Medan, Polresta Solo Antisipasi Dengan Bina Puluhan Ojol

Tepat pada Rabu (8/8/2018), PMI Solo kembali memberangkatkan tim untuk kembali menyalurkan bantuan. Kepala PMI Solo, Susanto mengatakan, PMI Solo akan menyasar ke daerah pinggiran dimana biasanya tidak “terlihat” dibandingkan daerah kota yang sudah terekspos.

“Daerah pinggiran biasanya masih minim bantuan, maka kami akan menyasar di sana. Menurut informasi, ada di daerah Gumantar, Kecamatan Lombok Utara yaitu salah satu daerah pinggiran yang terdampak parah,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menunjang bantuan di Lombok, PM| Juga membuka dompet bencana untuk lombok yang menghimpun baik dana, darah maupun bantuan lainya yang nanti akan disalurkan 100 % untuk korban bencana, sedangkan untuk biaya operasional baik untuk tim maupun untuk transpotasl pengirlman bantuan akan ditanggung oleh PMI.

Baca Juga :  SOLOPEDULI Kirim 25.000 Liter Air Bersih ke Desa Tulas dan Ringin Putih Karangdowo Klaten

“Selain bantuan barang, berdasarkan pantauan dari lapangan terdapat kebutuhan darah sehingga PMI Kota Surakarta juga memberikan bantuan darah yang hari selasa (7/8/2018) lalu telah dikirim 50 kolf darah untuk lombok. Untuk proses pengiriman PM| sudah bekerjasama dengan maskapai Lions air untuk mempermudah pegirlman ke lombok,” imbuh Susanto.

Selanjutnya PM| Solo terus memantau kebutuhan darah di Lombok dan sewaktu waktu dibutuhkan akan segera dikirimkan, karena saat ini Stok darah terus dihimpun darl masyarakat dimana sejak minggu malam peningkatan donor darah dari masyarakat sangat luarbiasa sehingga apa bila dibutuhkan PMI Solo siap untuk mengirimkan. Triawati PP

Loading...