loading...
Loading...
Ilustrasi/tribunnews

Bagi sebagian anak, membangkitkan baca  adalah pekerjaan susah. Namun di tengah ketekunannya bergaul dengan bulu, bukan sekadar membaca, namun juga mendirikan rumah baca.

Seperti yang dilakukan oleh Amarylisse Magnificia Cesari Ganz, siswi kelas 8 SMP 1 Magelang, membangun sebuah rumah baca di rumahnya sendiri di Kampung Ngembik Kidul, Kelurahan Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Rere menyulap ruang tamu rumahnya menjadi perpustakaan kecil, lengkap dengan meja, kursi dan rak yang berisi puluhan hingga ratusan buku.

Baca Juga :  3 Tersangka Komplotan Maling Rokok Karanganyar Disikat Polisi. Bersenjata Linggis, Rusak Gembok dan Kuras Rokok di Toko 

Rumah baca yang dinamakan ‘Rumah Baca Mc Ganz’ ini ia sengaja buat untuk menyediakan wadah bagi anak-anak untuk dapat membaca buku, secara gratis.

“Saya awalnya memang suka membaca. Koleksi buku saya banyak sekali di rumah, ada sekitar 1.000 eksemplar. Jadi daripada nganggur, kenapa tidak dimanfaatkan saja jadi koleksi. Saya susun di rak buku di depan rumah, tambahkan meja dan kusi. Jadilah rumah baca ini,” ujar Rere, Kamis (30/8/2018).

Baca Juga :  DPRD Karanganyar Geram Ada Pasutri Miskin Didera Penyakit Kronis Tak Dapat Pengobatan Gratis. Sebut Pendataan Warga Miskin Tidak Maksimal! 

Rere mengatakan, rumah baca dibangunnya untuk anak-anak sebayanya dan masyarakat umum untuk dapat membaca buku secara cuma-cuma.

Idenya ini juga didukung penuh oleh kedua orang tuanya, Agus Budiono (39) dan Wiwin Irawati (38).

Sejak dibukanya pada 7 Januari 2014 lalu, rumah baca ini selalu ramai oleh pengunjung. Kebanyakan dari anak-anak dari sekitar tempat tinggalnya.

Ada juga yang datang dari luar daerah sengaja untuk berkunjung ke rumah baca tersebut.
Koleksi buku yang ada pun cukup banyak. Hampir 1.000 eksemplar buku ada di rumah baca tersebut, dari buku cerita, pengetahun umum, kamus, majalah, pelajaran, komik, religi, sampai buku tentang cara memasak.

Baca Juga :  Awas, Rumah Warga Miskin Penerima Bansos di Karanganyar Bakal Dipasangi Stiker Khusus. Yang Mengaku Miskin, Siap-siap Ketahuan! 

Rumah baca itu pun terdaftar di portal Donasi Buku milik Kemendikbud dan menjadi satu-satunya rumah baca di Kota Magelang yang terdaftar di portal donasi buku.

“Koleksi buku terus bertambah, apalagi mendapat donasi buku dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga penerbit buku,” katanya. #tribunnews

Loading...