JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wakapolri Syafruddin Isi Jabatan Menpan RB Gantikan Asman Abnur

   
Tribunnews

JAKARTA –  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB),  Asman Abnur resmi mundur dari jabatannya lantaran merasa posisinya terjepit di kabinet pemerintah, sementara dirinya berasal dari partai oposisi.

Sebagai gantinya, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komisaris Jenderal Syafruddin dikabarkan menggantikan kedudukannya. Syarifudin sendiri sudah membenarkan kabar dirinya akan menggantikan posisi Asman Abnur.

“Ya, benar,” ujar Syafruddin.

Sebelumnya, Asman Abnur menyatakan mundur dari kabinet. Asman tak ingin menjadi beban bagi Jokowi mengingat dirinya sebagai politikus PAN yang partainya berseberangan dengan koalisi Jokowi di Pilpres 2019.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Kabar Sjafruddin menjadi pengganti Asman Abnur dibenarkan juga oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo.

“Ya benar. Saya baru mendapat kabar dari kantor besok (Rabu, 15/8) pagi jam 10.00 WIB ada undangan pelantikan menteri kabinet kerja sisa jabatan 2014-2019 oleh Presiden RI di Istana Negara,” ucap dia melalui pesan singkat, hari ini.

Informasi soal penggantian Asman Abnur awalnya diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca Juga :  Yusril Nilai Permintaan untuk Mendiskualifikasi Gibran dalam Pilpres Terlambat

Menurut Pratikno, rencana pencopotan ini tidak lepas dari sikap Partai Amanat Nasional (PAN), partai asal Asman yang tidak mendukung Jokowi di pemilihan presiden 2019. “Ya ini konsekuensi dinamika politik.”

Pratikno menuturkan sikap PAN yang tidak mendukung Jokowi ini menjadi pembicaraan di internal koalisi pemerintah. Ia berujar ada keinginan untuk memberi kejelasan mengenai siapa saja yang berada di kubu pemerintah dan sebaliknya.

“Bagaimana mengokohkan koalisi dan juga kejelasan siapa yang di sini, siapa yang di sana.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com