JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Alhamdulillah. Dana Desa Akan Dinaikkan 20 Persen Tahun Depan

Staf Khusus Kepresidenan Bidang Ekonomi Prof Ahmad Erani Yustika (kiri) meninjau pameran potensi desa di Desa Waleng Kecamatan Girimarto, Wonogiri.
Staf Khusus Kepresidenan Bidang Ekonomi Prof Ahmad Erani Yustika (kiri) meninjau pameran potensi desa di Desa Waleng Kecamatan Girimarto, Wonogiri.

WONOGIRI-Kabar gembira bagi pemerintah desa di tanah air. Pemerintah pusat akan menaikkan dana desa sebanyak Rp 13 triliun atau sebesar 20 persen untuk tahun depan.

Dengan adanya kenaikan itu dana desa yang akan dialokasikan pada 2019 mendatang menjadi Rp 73 triliun untuk seluruh desa di Indonesia. Sebelumnya dana desa sudah mencapai Rp 60 triliun.

Staf Khusus Kepresidenan Bidang Ekonomi Prof Ahmad Erani Yustika mengatakan hal tersebut saat menghadiri pelantikan pejabat eselon III dan IV Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Selasa (25/9/2018).

Baca Juga :  Indonesia Terlibat dalam Pengembangan 9 Calon Vaksin Covid-19, Ada yang Buatan Dalam Negeri hingga Kerja Sama dengan Negara Lain. Ini Daftar Lengkapnya

Menurut dia, pemerintah pusat mempunyai mimpi agar kualitas pembangunan seluruh desa di Indonesia sama dengan perkotaan. Namun, untuk memberi tambahan dana desa itu diperlukan berbagai persiapan di tingkat desa maupun pemerintah daerah.

“Seluruh sistem harus siap terlebih dahulu, seperti kesiapan Pemkab, pemerintah desa, pendamping desa, dan sumber-sumber daya manusia lainnya. Tahun depan, satu desa akan menerima sekitar Rp 1 miliar,” jelas dia.

Dia mengungkapkan, berkat adanya dana desa yang besar, ketimpangan pembangunan antara desa dengan kota semakin menurun.
Dengan adanya pemberdayaan ekonomi, nanti akan lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati pemerataan pembangunan.

Baca Juga :  Sebenarnya Kapan to Wonogiri Mau Melaksanakan Sekolah Offline Alias Tatap Muka? Kalau Jawaban Bupati Jekek sih Seperti ini

Sementara di lokasi tersebut, puluhan pejabat eselon III dan IV Kemendesa PDTT dilantik di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto. Pelantikan pejabat yang bertempat di desa tersebut merupakan tradisi baru Kemendesa PDTT agar para pejabat benar-benar memahami kondisi desa. Pelantikan juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pengembangan Kawasan Perdesaan (PKP) Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini. Aris Arianto