loading...

Triawati

KARANGANYAR– Ribuan warga dari eks Karesidenan Surakarta terlihat memadati area De Tjolomadoe dimana acara Festival Pesona Lokal diadakan, Minggu (9/9/2018). Acara yang dihelat Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) fan iNews tersebut berlangsung meriah.

Acara yang didukung juga oleh Adira Insurance tersebut diawali dengan kirab budaya dimana para peserta dari Soloraya terlihat mengenakan berbagai macam kostum tradisional khas daerahnya masing-masing. Para peserta kirab merupakan ekosistem Adira Finance dari seluruh cabang yang ada di area Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke 28.

Triawati

“Event Festival Pesona Lokal ini kami gelar di sembilan kota secara bergiliran. Dan Solo menjadi kota kedua setelah kemarin kita adakan di Bandung. Peserta di Solo Raya sendiri sekitar 5.000 hingga 6.000 orang. Tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk memajukan wisata di Indonesia, serta mengangkat budaya bangsa dari potensi lokal yang dimiliki setiap daerah. Kami mengangkat budaya Indonesia supaya lebih maju dan mengangkat UMKM serta kuliner dan setiap kesenian di sembilan kota tempat diselenggarakannya acara Festival Pesona Lokal,” urainya di sela acara.

Selain itu, lanjut Swandajani, tujuan jangka panjang diselenggarakannya kegiatan tersebut yaitu seiring dengan visi dan branding Adira untuk Indonesia, yakni mendukung komunitas masyarakat di Indonesia, salah satunya melalui program CSR yang dimiliki, yakni Sahabat Lokal yang meliputi sektor wisata, UMKM dan pendidikan.

“Dengan adanya Sahabat Lokal ini diharapkan akan mendukung sektor wisata, sektor UMKM dan pendidikan di Indonesia. Misalnya, melalui kegiatan ini mudah-mudahan kami bisa menciptakan event yang ikonik di setiap daerah dan ini bisa jadi ajang dan event untuk berkreasi masyarakat Indonesia dan menjadi destinasi wisata baru. Kemudian untuk pengembangan UMKM, seperti di Festival Pesona Lokal ini kami membuat lomba dimana akan ada penghargaan untuk UMKM. Sedangkan untuk pendidikan kami ada financial literasi dan juga training-training,” tukasnya.

Loading...

Selain karnaval dan bazar UMKM, dalam Festival Pesonal Lokal juga digelar lomba kuliner yang mengangkat potensi lokal. Di Solo sendiri menu thengkleng menjadi materi lomba memasak bertajuk kreasi thengkleng.

“Dalam lomba kuliner kami memang sengaja memilih makanan ikonik dari tiap daerah untuk dikreasikan sedemikian rupa. Sehingga tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dari daerah tersebut tapi juga wisatawan lokal maupun internasional,” imbuh Wirdati Handayani, GM Brand Management & Communication Adira Finance. Triawati PP

Loading...