JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ustad Abdul Somad Istirahat Ceramah Hingga Akhir Tahun 2018, ini Alasannya

Tempo.co
ย ย ย 
Tempo.co

JAKARTAUstad Abdul Somad (UAS) mengatakan ia beberapa kali dihalangi saat akan berceramah di sejumlah kota di Pulau Jawa. Dia menegaskan pihak yang menghalangi tersebut berasal dari aparat penegak hukum sampai organisasi masyarakat.

โ€œPadahal acaranya cuma haul, cerita tentang masalah bagaimana kematian, kirim doa, enggak ada itu cerita masalah revolusi dan politik,โ€ kata dia dalam sebuah video yang diunggah akun Twitter, @aindraku pada Senin, (10/9/2018).

Abdul Somad mnceritakan pengalamannya saat dihalangi berceramah di Kota Kudus, Grobogan, Semarang dan Jepara. Di Kudus, Somad mengatakan tiba-tiba panitia membatalkan acara. Menurut dia, awalnya panitia berdalih karena kurang persiapan. โ€œTapi ternyata ada yang mengganggu,โ€ kata dia.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Kejadian serupa terjadi di Grobogan. Menurut dia, sehari sebelum acara digelar kepolisian setempat menangkap panitia acara. โ€œSelesai acara pada cerita, tadi malam itu sebenarnya banyak yang mengganggu, ditangkap oleh pak kapolres, pak kapolsek,โ€ kata Somad.

Somad mengaku heran. Padahal, saat itu dia hanya ingin menghadiri acara peringatan kematian seseorang. Dia mengatakan cuma ingin menyampaikan ceramah soal kematian, mengirim doa untuk orang yang meninggal, tahlilan dan yasinan. โ€œEnggak ada itu cerita masalah revolusi atau politik,โ€ kata dia.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Dia menceritakan kejadian yang serupa terjadi di Semarang. Sesampainya di bandara, Somad mengatakan sudah ada TNI, polisi, pemuda Pancasila dan Front Pembela Islam (FPI) di tempat itu. Dia heran dengan keamanan yang disediakan. โ€œIni kan kami mau ngaji, bukan mau perang,โ€ kata dia. Kejadian serupa juga terjadi saat akan berceramah di Jepara.

Karena rentetan kejadian itu, Abdul Somad mengatakan akan mengambil masa tenang hingga akhir tahun 2018. โ€œKita bertenang dulu, khususnya untuk Jawa Timur dan Jawa Tengah, karena di situ yang ada beberapa masalah,โ€ kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com