loading...
Loading...
Pentas dalang bocah di Makodim 0728 Wonogiri.

WONOGIRI-Untuk memeriahkan HUT TNI ke-73, 5 Oktober lalu, dan Hari Sumpah Pemuda 2018 sekaligus nguri-uri kebudayaan Jawa, Alumni SMPN 5 Wonogiri menggandeng Kodim 0728/Wonogiri mengadakan pagelaran wayang kulit di Makodim 0728/Wonogiri, Jumat (26/10/2018).

Uniknya, bukan dalang dewasa atau sepuh yang didaulat memainkan wayang. Melainkan dalang bocah yang merupakan Penyaji Terbaik Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2018. Keduanya adalah Henokh Mbabar Wangsit (14) dan Rafi Hastu Nuqsith (12) yang merupakan dalang bocah dari SMPN 5 Wonogiri. Pagelaran wayang kulit kali ini mengambil lakon Joro Sando Leno.

Baca Juga :  Marak Pencurian di SD Wonogiri, Polisi Yakin Segera Terungkap

Kasdim Mayor Inf Nurul Muthahar mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dalam nguri-nguri kabudayan Jawa. Dalam memeriahkan HUT TNI Ke 73 dan hari sumpah pemuda ini Kodim 0728/Wonogiri bersama almuni SMP N 5 menyelenggarakan pementasan pagelaran wayang kulit.

Baca Juga :  Catat, Ini Ketua DPRD Wonogiri yang Baru Plus Para Wakilnya

Wakil Bupati Wonogori Edi Santosa berujar, kemunculan dalang cilik untuk dapat terus nguri-nguri kabudayan menandakan proses regenerasi pelaku seni budaya khususnya wayang kulit berjalan dengan baik. Tentunya Pemkab Wonogiri memberikan apresiasi yang tinggi untuk dalang cilik ini.

Baca Juga :  1 Tewas Kecelakaan di Depan Pegadaian Giriwono Wonogiri. Suzuki Satria Tabrakan Dengan Mio GT

“Sangat membanggakan bahwa segenap instrumen pemerintahan di Kabupaten Wonogiri baik TNI, Polri, unsur legislatif, eksekutif, mampu menyatu dan membangun Sinergi untuk mewujudkan Kabupaten Wonogiri yang semakin baik, Wonogiri yang maju dan sejahtera, Wonogiri yang sukses,” ujar dia. Aris Arianto

Loading...