JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Dua PTN di Jogja Masuk Lima Besar Nasional Bidang Kemahasiswaan, UGM No. 1 dan UNY No.5

madu borneo
madu borneo
madu borneo

JOGJA-Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta masuk lima besar nasional dalam pemeringkatan bidang kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti.

Dua PTN tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat ke-1 dan Universitas Negeri Yogykarta (UNY) memperoleh peringkat lima nasional.

Pemeringkatan atau perangkingan kemahasiswaan dilakukan untuk mendorong pergurutan tinggi (PT) dalam meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan serta menumbuh-kembangkan prestasi mahasiswa di berbagai bidang.

Baca Juga :  Pemkot Yogyakarta Poles Malioboro Agar Menarik Wisatawan di Masa Liburan

Selain itu pemeringkatan kemahasiswaan juga ditunjukkan untuk memotivasi PT mengembangkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan kemahasiswaan, prestasi mandiri PT dan juga keterlibatan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Haryadi, saat dihubungi Minggu (14/10/2018) menuturkan ada empat kriteria dalam pemeringkatan tersebutm yakni prestasi PT dalam kompetisi yang dilaksanakan Ditjen Belmawa.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT, kegiatan non lomba seperti seminar serta kegiatan sosial lainya.

Baca Juga :  Demi Lindungi Warganya, Walikota Yogya Wajibkan Wisatawan Luar Tunjukkan Surat Sehat

UGM selalu membuat seminar baik berskala nasional ataupun internasional. Kemudian salah satu bentuk kegiatan sosialnya adalah dengan memberikan bantuan kepada korban bencana alam seperti di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Sementara kriteria ke empat dalam pemeringkatan ini adalah penilaian dari lembaganya sendiri seperti keaktifan dan bagaimana PT memfasilitasi mahasiswa dalam berkarya.

www.tribunnews.com