loading...
Loading...
tempo.co

JAKARTA – Bencana gempa bumi yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah beberapa hari lalu, telah mengakibatkan kerugian ekonomi yang tidak kecil.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kerugian ekonomi yang ditimbulkan bencana dari Januari hingga 24 September 2018 mencapai Rp 30,9 triliun.

“Sebagai gambaran, gempa bumi di Lombok dan Sumbawa menimbulkan kerusakan dan kerugian Rp 17,13 triliun. Begitu juga gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah menyebabkan kerugian dan kerusakan lebih dari Rp 13,82 triliun,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Kamis (25/10/2018).

Sutopo memperkirakan nilai kerugian masih akan bertambah dari nilai tersebut. Menurut dia, statistik bencana makin menunjukkan bahwa Indonesia rawan bencana. Sutopo mengatakan secara umum tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam menghadapi bencana-bencana besar belum siap.

Baca Juga :  Bikin Heboh, Remaja ini Meninggal Saat Menjadi Imam di Masjid

Dia menilai mitigasi bencana, kesiapsiagaan menghadapi bencana, dan pengurangan risiko bencana masih perlu terus ditingkatkan. Pengurangan risiko bencana, kata Sutopo, harus dimaknai sebagai investasi pembangunan nasional.

“Tanpa itu maka dampak bencana akan selalu menimbulkan korban jiwa besar, kerugian ekonomi yang besar,” ujar Sutopo.

Sutopo juga mengatakan dari Januari hingga 24 September 2018 tercatat 1.999 kejadian bencana di Indonesia. Menurut Sutopo jumlah ini akan terus bertambah hingga akhir 2018 mendatang.

“Dampak yang ditimbulkan bencana sangat besar,” kata Sutopo.

Baca Juga :  Dukung Ahok, Dahlan Iskan Buka Kartu Soal Pekerjaannya sebagai Komut Pertamina

Sutopo mengatakan dari bencana yang terjadi tahun ini, terdapat 3.548 orang meninggal dunia dan hilang; 13.112 orang luka-luka; 3,06 juta jiwa mengungsi dan terdampak bencana; 339.969 rumah rusak berat; 7.810 rumah rusak sedang; 20.608 rumah rusak ringan, dan ribuan fasilitas umum rusak.

www.tempo.co

Loading...