loading...
Loading...
Ilustrasi/tribunnews

KULONPROGO – Beberapa hari belakangan ini, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kabupaten Kulonoprogo heboh. Pasalnya, dikabarkan tiga ekor buaya berkeliaran di muara sungai Bogowonto di wilayah Pantai Congot.

Diduga, hewan itu sama dengan buaya yang pernah muncul di kawasan tersebut beberapa tahun silam.

Buaya tersebut sempat muncul ke permukaan dan disaksikan banyak orang pada Sabtu (20/10/2018) lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun Tribunjogja.com saat ini, dua ekor di antaranya berukuran panjang sekitar 2,5 meter dan satu lainnya sepanjang sekitar 5 meter.

Mereka muncul di tengah aliran sungai.

“Banyak warga yang melihat namun tidak berani mendekat. Hanya mengambil foto dari jauh lalu tersebar di media sosial. Dugaan saya, itu adalah buaya yang pernah muncul di sini tiga tahun silam. Bisa jadi, dua ekor yang lebih kecil itu anaknya,”jelas Petugas Pos Sea Rider TNI AL Pantai Congot, Rocky Manto, Selasa (23/10/2018).

Baca Juga :  Kronologi Seorang Pelajar SMA Nekat Tusuk Gurunya di Bantul, Pelaku Menyelinap ke Kamar dan Tusuk Ibu Guru, Lalu Kabur HP Ketinggalan

Kemunculan buaya itu sudah dilaporkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta dan langsung dipantau pada Minggu (22/10/2018).

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polsek Temon, Polair, dan Basarnas untuk melakukan langkah antisipasi.

Upaya penyisiran juga terus dilakukan, khsususnya pada jam-jam buaya biasa berjemur.

Pihaknya juga menyiapkan dua buah jaring berbahan nilon dan berpelampung dengan ukuran 60×20 meter.

Rencananya, jaring akan ditebar memutar jika buaya itu muncul kembali.

Diharapkan buaya bisa ditangkap hidup-hidup sehingga bisa diserahkan kepada BKSDA untuk diobservasi di tempat lain sekaligus tidak membahayakan warga atas keberadaannya.
Baca: Bagaimana Jadinya Bila Ada Buaya Berenang Menggunakan Pelampung?

Baca Juga :  Gara-gara Cinta Terpendam, Pelajar di Bantul Ini Nekat Tusuk Gurunya Saat Sedang Tidur

“Kami juga mengimbau warga supaya lebih berhati-hati saat beraktivitas di muara Bogowonto, sampai buaya tersebut bisa dipastikan (tertangkap),” jelasnya.

Seorang pengunjung Pantai Congot, Ari Wibowo mengatakan dirinya mendengar kabar kemunculan buaya di pantai tersebut dari media sosial.

Dirinya penasaran dan ingin melihatnya langsung namun tak mendapatinya muncul ke permukaan. #tribunnews

Loading...