loading...


SOLO –  Dalam rangka memperingati bulan sura dan untuk melestarikan budaya Jawa, masyarakat Minapadi RW 09, Nusukan, Banjarsari menyelenggarakan Kirab budaya dan wilujengan, Kamis (12/10/2018)

Acara tersebut digelar dengan mengusung
“Kinanthi Luhuring Budaya, Hamestuti Ungguling Negeri”.

Heri Widodo selaku Ketua RT 06 menuturkan, acara tersebut digelar secara rutin tiap tahun sekali.
“Tujuan dan harapannya agar para generasi muda tidak melupakan budaya yang ada di kampungnya sendiri,”  ujarnya.

“Pertama kalinya kebiasaan kampung Minapadi ini hanya swadaya dari masyarakat saja. Tetapi beberapa tahun ini sudah dapat bantuan dari DPA Kelurahan Nusukan,”  ujarnys.

Baca Juga :  Angkat Tema Nasionalisme dalam Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Buat  Mural  Raksasa

Sementara itu, Joko Purnomo selaku ketua pelaksana menuturkan, acara bersih desa tahun ini kebetulan diadakan di kampung Minapadi RT 06.

“Setiap tahunnya bergantian sesuai jumlah RT yang ada di Minapadi yaitu 7 RT,”  ujarnya.

Acara tersebut  diawali dengan kirab keliling kampung Minapadi mulai pukul pukul  15.00 WIB sampai selesai. Kemudian dilanjutkan dengan acara doa bersama, wilujengan dan hiburan dengan nuansa budaya yang di mulai pukul 19.00 WIB dan selesai pukul 01: 00 WIB jumat dini hari.

Baca Juga :  Kasus Mercy Maut. Iwan Adranacus Jalani Sidang Perdana di PN Solo

Joko Purnomo mengaku berterima  kasih kepada  pihak Kelurahan Nusukan, warga Minapadi dan masyarakat di sekitar yang telah membantu dan mensuport  kegiatan tersebut.

Joko Santoso selaku
Ketua RW 09  Joko Santoso mengatakan,
acara tersebut sangat bagus, karena di tengah kemajuan teknologi sekarang, masyarakat masih mau melestarikan budaya dan tradisi tradisi khususnya Jawa.

“Acara ini kami lakukan isebagai wujud  suport kita terhadap Bapak Rudi selaku Walikota Solo, yaitu nguri uri Budaya Jawa.” Ujarnya.  #A Setiawan

Loading...