loading...
Loading...
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Foto: JSnews/Satria Utama

SEMARANG-– Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyambut gembira wacana Dana Kelurahan dari pemerintah pusat  yang akan dikucurkan pada tahun 2019 mendatang. Kebijakan tersebut dikeluarkan pemerintah karena banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat kelurahan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan adanya Dana Kelurahan akan mendorong percepatan pembangunan serta untuk pembiayaan berbagai kegiatan di Pemerintah Kelurahan yang tidak dianggarkan dalam APBD. Untuk itu, pihaknya menyambut baik rencana penggelontoran dana kelurahan yang akan dicairkan pemerintahan  pada awal tahun 2019.

“Anggaran dari pemerintah pusat untuk kelurahan atau Dana Kelurahan yang hampir mirip dengan Dana Desa sebuah hal yang sangat kami nantikan. Kami sampaikan terima kasih atas perhatian dari pemerintah pusat, tidak hanya memperhatikan desa saja namun juga kelurahan .Mudah-mudahan itu bagian dari aspirasi yang bisa direalisasi. Kalau bisa direalisasikan, ya Alhamdulillah,” terangHendi sapaan akrabnya belum lama ini.

Baca Juga :  Pengedar Pil Koplo Asal Karang Jompo Digerebek Polisi. Diamankan Pil Jenis Riklona dan Aprazolam 

Menurut Hendi, butuh energi yang besar untuk anggaran infrastruktur di setiap kelurahan. Ia menyebutkan, sejak tahun 2013 pos anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur di kelurahan jumlahnya mencapai Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar pada setiap tahun anggaran.

“Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan pos anggaran cukup besar untuk pembangunan infrastruktur. Untuk 177 kelurahan di Kota Semarang telah  menyedot APBD mencapai ratusan miliar rupiah per tahun,” terang dia.

“Jika pada awal tahun depan sesuai yang disampaikan Pak Presiden kelurahan juga akan dialokasikan dan khusus pembangunan, hal ini sebagai sebuah berkah dan langkah percepatan, khususnya di Kota Semarang, untuk bisa terus membangun membangun infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat di Kota Semarang,” imbuh dia.

Baca Juga :  Ditinggal Jualan, Rumah Mugono Habis Dilalap Api. Kerugian Ratusan Juta Rupiah 

Sekedar diketahui, pemerintah pusat akan mengalokasikan anggaran untuk Dana Kelurahan disamping Dana Desa. Menurut rencana, pada awal tahun 2019 program dana kelurahan akan dilaksanakan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan mengenai kebijakan Dana Kelurahan saat membuka Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) tahun 2018 di Kawasan Garuda Kencana (GWK) Cultural Park, Ungaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Jumat (19/10) lalu. “Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan terutama untuk Pemerintah Kota, akan ada namanya Dana Kelurahan. Ada Dana Desa kok enggak ada Dana Kelurahan. Ya sudah kalau begitu tahun depan dapat,” kata Presiden Jokowi dilansir dari Biro Setpres.  Satria Utama

Loading...