loading...
Loading...
pixabay

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kebanyakan orang di dunia menyukainya. Buahnya yang empuk, lembut, dan manis adalah santapan yang lezat dan sehat. Selain dimakan langsung, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, seperti direbus, digoreng, dijadikan campuran es krim, dibuat kue, atau keripik.

Di Indonesia, pisang adalah buah segar favorit untuk dikonsumsi. Tidak mengherankan, karena buah berkulit kuning ketika masak itu mudah didapat dan harganya terjangkau.

Selain segala kelebihan itu, pisang juga mempunyai banyak manfaat dan tak kalah dari buah super lain, seperti apel. Berikut beberapa manfaat pisang bagi kesehatan.

Baca Juga :  Hasil Penelitian: Anak-anak Obesitas Biasanya Tinggal dekat Gerai Makanan Cepat Saji

1. Kaya vitamin dan mineral
Pisang mengandung karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan. Buah ini juga mengandung vitamin A an zat besi lima kali lipat apel. Pisang juga mengandung vitamin C, fosfor, dan serat.

2. Penambah energi
Dibanding minuman olahraga yang harganya mahal, pisang justru merupakan sumber energi yang lebih baik. Begitu hasil penelitian dari Universitas Negeri Appalachian di California, Amerika Serikat, pada 2012.

3. Sahabat jantung
Karena kaya potasium pisang pun sangat baik buat sistem peredaran dan aliran oksigen ke otak, juga membantu menjaga detak jantung yang teratur, menurunkan tekanan darah, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga baik buat kesehatan jantung.

Baca Juga :  Ternyata Herbal Hanya Bisa Mencegah Kanker Bukan Mengobati, Ini Penjelasannya

4. Melawan sembelit
Serat yang terkandung dalam pisang membantu kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Mengatasi PMS
Buat para wanita yang sering mengalami sindrom sebelum menstruasi (PMS), tak perlu meminum obat untuk mengatasinya. Cukup makan pisang yang mengandung vitamin B6 untuk mengurangi gejala PMS.

6. Mengobati gatal
Jangan buang kulit pisang setelah memakan isinya karena bisa emmbantu mengobati rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Gosokkan bagian dalam kulit ke bagian tubuh yang bentol dan gatal.

www.tempo.co

Loading...