JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Soal Money Politik di Pemilu 2019, Kapolda Jateng: Ati-ati Saja, di Magelang Sudah Kita Tangkap! 

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono bersama Pangdam Mayjen Wuryanto dan jajaran Forkompida Sragen serta seluruh elemen saat mendeklarasikan apel tiga pilar di GOR Diponegoro Sragen, Rabu (17/10/2018). Foto/Wardoyo
   
Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono bersama Pangdam Mayjen Wuryanto dan jajaran Forkompida Sragen serta seluruh elemen saat mendeklarasikan apel tiga pilar di GOR Diponegoro Sragen, Rabu (17/10/2018). Foto/Wardoyo

 

SRAGEN- Polda Jateng mengingatkan kepada kontestan politik untuk tidak main-main dengan money politik dan botoh di momen Pemilu 2019. Pasalnya Polda sudah menangkap satu botoh dan akan menerjunkan satgas penegakan hukum (Gakkum).

Penegasan itu disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat memimpin apel tiga pilar di GOR Diponegoro Sragen, Rabu (17/10/2018). Di hadapan ribuan tokoh masyarakat, Forkompida, hingga Kades se-Sragen, Kapolda menyampaikan dirinya dan Pangdam sengaja turun langsung ke semua kabupaten karena Pemilu 2019 potensi suara pemilih lebih banyak di desa.

“Kemungkinan ada gesekan banyak di desa. Makanya Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus bersinergi mencegah jangan sampai terjadi konflik di desa. Itulah mengapa salah satunua hari ini dideklarasikan menolak politisasi identitas SARA, money politik dan kampanye hitam,” papar Kapolda.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

Kapolda menguraikan semangat menjaga kondusivitas di tahun politik harus terus disampaikan ke masyarakat. Termasuk pelibatan tokoh masyarakat, tokoh agama dalam apel tiga pilar, diharapkan bisa menularkan pesan itu ke umatnya dan masyarakat.

“Misalnya lewat kegiatan budaya atau olahraga,” urainya.

Kapolda juga menegaskan pihaknya tidak menolerir aksi taruhan atau money politik. Hal itu ditunjukkan dengan barusaja menangkap botoh di Magelang meski hanya dalam skup Pilkades.

“Untuk botoh kita akan turunkkan Satgas Gakkum. Ati-ati saja karena yang di Magelang sudah kita tangkap juga. Sekarang ini yang kita fokuskan pengamanan dari desa,” tegas Kapolda.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto menyampaikan apel tiga pilar itu merupakan kelanjutan dari konsolidasi persiapan di Pilkada Jateng 2018 yang dianggap berhasil dan kondusif.

Menurutnya sinergitas tiga pilar dan semua elemen, sangat dibutuhkan mengingat ke depan tugas makin berat, beragam dan penting.

“Sehingga kita ingatkan evaluasi apa saja yang sudah dilakukan. Penyelesaian konflik kita dari awal kalau sudah terdegeksi dari awal pun bibit konfliknya harus bisa diselesaikan oleh tiga unsur tadi,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com