JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Terowongan Ini Diduga Untuk Penyelundupan Narkoba

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Tribunnews

Di perbatasan California, Amerika Serikat ditemukan terowongan modern yang dilengkapi dengan sejumlah teknologi tinggi. Namun sayang, terowongan tersebut diduga akan digunakan  untuk penyelundupan narkoba.

Penemuan tersebut dilakukan oleh Kepolisian Meksiko. Diduga,  terowongan yang menggunakan panel surya dan juga jalur rel tersebut akan digunakan untuk menyelundupkan obat-obatan antara AS dengan Meksiko.

Melansir dari New York Post, jalan masuk terowongan tersebut ditemukan di sebuah rumah di Kota Jacume, dekat perbatasan AS-Meksiko dan memanjang sejauh 102 meter menuju California.

Disampaikan petugas patroli perbatasan, Tekae Michael, terowongan tersebut belum selesai dibangun dan belum memiliki pintu keluar.
Namun diyakini, terowongan itu dimaksudkan untuk mengangkut narkoba ke AS.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Pria Ini Kenakan Masker Emas Seharga Rp 58 Juta

” Terowongan tersebut cukup canggih dan pasti membutuhkan banyak waktu dan uang untuk membangunnya. Terowongan seperti itu tidak biasa di wilayah ini,” kata Michael.

Selain dilengkapi jalur rel dan tersambung dengan panel surya untuk penerangan dan juga sistem ventilasi, petugas perbatasan juga menemukan sistem pemompa air.

Jalur masuk terowongan dikatakan sedalam lebih dari sembilan meter, sementara jalur keluar yang hampir rampung sudah mencapai empat meter, meski belum tembus ke permukaan. Lebar terowongan tersebut antara 70 hingga 90 sentimeter dan panjang total terowongan sudang mencapai 190 meter.

Baca Juga :  Polisi Italia Gagalkan Penyelundupan 14 Ton Narkoba Senilai Rp 16 T Produksi ISIS

Terowongan tersebut ditemukan pihak kepolisian bersama pasukan militer saat menjalankan operasi pada pertengahan September lalu.

Setelah ditemukannya terowongan, otoritas Meksiko telah berkoordinasi dengan Patroli Perbatasan, Penyelidik Keamanan Dalam Negeri dan juga Badan Penindakan Narkoba AS untuk menjelajahi lorong.

“Sebelumnya pihak berwenang juga telah menemukan dua terowongan lain di daerah San Diego,” kata Michael.

Pada Agustus 2017, petugas Patroli Perbatasan juga telah menemukan terowongan yang tembus hingga perbatasan Otay Mesa.
Temuan tersebut menyusul adanya 30 orang asal China dan Meksiko yang muncul dari dalam terowongan. #tribunnews