loading...
Loading...
Bupati Joko Sutopo (pakai caping) berfoto bersama warga di acara gelar potensi pasar di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Eromoko.

WONOGIRI-Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PC LDII) Eromoko, Wonogiri, menyelenggarakan gelar potensi pasar (bazar) dan lomba hasta karya, Minggu (14/10/2018). Lokasi kegiatan di lahan pengembangan sosial PC LDII dan kediaman H. Suharto di Lingkungan Mojosari RT 2 RW 8, Kelurahan Ngadirejo, Wonogiri.

Ribuan warga mengunjungi kegiatan yang baru kali pertama diadakan dan dibuka langsung Bupati Wonogiri Joko Sutopo itu. Bahkan sejumlah stand makanan terpaksa pulang terlebih dahulu lantaran dagangannya sudah habis diserbu warga.

Ketua panitia, Suparso mengatakan, gelar potensi pasar menampilkan potensi ekonomi yang ada di wilayah Wonogiri selatan. Misalnya Kecamatan Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo, Baturetno, dan sekitarnya. Meliputi potensi kuliner (tempe besengek, olahan ikan, gendar pecel, hingga makanan tradisional dan kekinian), handycraft (anyaman bambu), mainan anak, dan sebagainya.

Baca Juga :  8 Anggota DPRD Wonogiri Daftar Bacawabup Lewat DPD PDIP Jateng, Lantas Kapan Bupati Joko Sutopo Mendaftar Calon Bupati Wonogiri?

“Untuk lomba hasta karya menampilkan kreatifitas dalam mengolah bahan baku plastik,” ungkap dia.

Pihaknya, jelas dia, sengaja menggelar kegiatan itu. Tujuannya menggali potensi ekonomi dan kemandirian warga. Terlebih potensi di wilayah Eromoko sangat melimpah, di sisi lain wadah untuk menampung potensi ekonomi itu masih terbatas.

“Ini sekaligus sebagai embrio munculnya semacam sunday market. Rencananya kegiatan ini akan dirutinkan. Untuk lokasi nanti menyesuaikan dengan perkembangan dan kondisi, tapi ya di sekitar sini,” jelas dia.

Bupati Joko Sutopo secara terang-terangan mengapresiasi langkah nyata PC LDII Eromoko dalam memberikan wadah bagi pengembangan potensi lokal. Hal itu menurut Bupati sangat selaras dengan salah satu dari panca program pembangunan Wonogiri saat ini, yakni rame pasare (revitalisasi pasar tradisional).

Baca Juga :  Ini Kapolres Wonogiri yang Baru, Namanya AKBP Christian Tobing Menggantikan AKBP Uri Nartanti Istiwidayati yang Pindah ke Mabes Polri

“Ini sangat luar biasa. Tadi saya berkeliling melihat stand yang ditampilkan. Sangat komplit dan antusiasme warga begitu tinggi,” ujar Bupati. Aris Arianto

Loading...