JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogreen, Hutan Kota Wonogiri Dibanjiri Sampah dan Vandalisme

Hutan Kota Wonogreen Wonogiri dipenuhi sampah dan vandalisme

IMG 20181029 WA0061
Hutan Kota Wonogreen Wonogiri dipenuhi sampah dan vandalisme

WONOGIRI—Kendati menyandang nama hutan kota, Wonogreen jauh dari kata asri dan nyaman. Yang ada justru banyaknya sampah berserakan hingga membuat pengunjung enggan datang.

Hutan kota Wonogreen berada di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri. Ruang terbuka hijau tersebut sebenarnya dilengkapi dengan beberapa wahana permainan anak dan ditanami aneka tumbuhan yang awalnya hijau.

Sayang, sampah berserakan menjadi pemandangan sehari-hari di hutan kota itu. Tidak hanya itu, sejumlah titik juga turut jadi sasaran vandalisme.

Baca Juga :  Salut, Warga Bumi Kahyangan Desa Dlepih Tirtomoyo Wonogiri Berlatih Budidaya Itik Pedaging bersama BLK Lembang, Digadang gadang Jadi Percontohan untuk Desa Lainnya

“Sampah sangat banyak, Mas. Mulai dari sampah plastik bungkus makanan daun kering, puntung rokok. Rumput dan tanaman tak berwarna hijau lagi, banyak daunnya yang mengering,” ujar salah satu warga, Trisni, Senin (29/10/2018).

Bahkan, ujar dia, papan nama Hutan Kota Wonogreen, menjadi sasaran tangan usil. Tak hanya itu, lambang Pemerintah Kabupaten Wonogiri ditutup oleh stiker iklan salah satu merk rokok.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Kegiatan Bidang Pembinaan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri, Sutiyono, mengatakan akan segera mengambil tindakan. Menurut dia pada 2018 tidak ada anggaran khusus untuk perawatan taman kota tersebut. Pelaksanaan pemeliharaan dilakukan dengan kerja bakti seluruh karyawan Dinas Lingkungan Hidup.

Baca Juga :  11 KK di Batuwarno Terisolir Sebagai Dampak Pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Akhirnya Mereka Minta Direlokasi dan Bakal Terima Ganti Rugi. Lantas Dimana Mereka Akan Tinggal Nantinya

Sementara Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo, mengatakan telah berupaya menanggulangi perilaku vandalisme dengan melakukan sosialiasi ke sekolah-sekolah. Pihaknya juga telah meningkatkan patroli ke wilayah-wilayah untuk mencegah terjadinya vandalisme. Aris Arianto