JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Diklaim Ternyaman dan Termodern, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Lewat Desa Aik Berik Resmi Dibuka

   
ilustrasi/tempo.co

LOMBOK TENGAH – Bagi pada penyuka aktivitas pendakian gunung, kini disuguhi jalur pendakian baru khususnya di Gunung Rinjani, yakni jalur pendakian dari Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah (Loteng).

Jalur pendakian tersebut  secara resmi dibuka Senin (19/11/2018). Ini adalah salah satu dari empat jalur pendakian yang tersedia di Rinjani.

Pembukaan jalur pendakian lewat desa Aik Berik ini ditujukan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat kawasan taman nasional yang sempat lumpuh akibat gempa bumi Agustus 2018 silam.

Pembukaan jalur pendakian ini dirangkai dengan peluncuran program e-Rinjani yang dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT, bersama dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono, di Aik Berik, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Senin.

“Atas ijin Pemerintah pusat jalur pendakian Gunung Rinjani wilayah Lombok Tengah ini resmi dibuka,” ujar Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT saat acara launcing tersebut di area Parkir Taman wisata air terjun Benang Stokel Desa Aik Berik seperti tercantum dalam rilis Kemenpar yang diterima Selasa (20/11/2018).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Saat ini tiga jalur pendakian lain masih ditutup, yakni Timbanuh, dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, serta jalur pendakian di Senaru, Kabupaten Lombok Utara.  Penyebabnya, kondisi di sana masih rusak berat akibat gempa bumi dan membahayakan keselamatan pendaki.

Bupati Loteng H Moh Suhaili FT mengatakan dibukanya jalur di Lombok Tengah diharapkan bisa membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Peluang ini bisa menciptakan lapangan kerja masyarakat,” kata dia.

Dia mengatakan jalur pendakian di wilayah Lombok Tengah akan ada 5 titik yaitu Desa Karangsidmen, Desa Lantan, Desa Seteling, dan Desa Aik Bual. Jalur tersebut akan bertemu di satu titik batas wilayah Gunung Rinjani yang dikelola oleh TNGR.

“Jalur pendakian ini nanti yang terindah, ternyaman, dan termodern sedunia. Ini juga bisa jadi penyeimbang antara pengembangan pariwisata di selatan dengan di utara,” ujarnya.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Ketua Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti menyambut baik Pembukaan jalur pendakian Aik Berik Gunung Rinjani itu. Menurut Guntur, pembukaan ini akan membuka kembali arus masuk wisatawan ke NTB karena Gunung Rinjani merupakan salah satu atraksi untuk membangkitkan pariwisata di NTB.

Kepala TNGR Provinsi NTB Sudiyono mengatakan pembukaan jalur ini sudah melalui persyaratan dan melibatkan semua pihak.

“Hanya jalur ini yang layak, baik dari segi keamanan dan kebutuhan air bagi para pendaki,”  kata Sudiyono.

Menurut dia melalui jalur pendakian ini para pendaki dapat menikmati obyek wisata seperti air terjun, padang sapan, dan keindahan alam lainya.  TNGR sudah melengkapi fasilitas pendukung lainya seperti penunjuk arah, serta para petugas porter atau guide.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com