JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hasil Survei Alvara: Suara Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Generasi

pilpres
Ilustrasi
   
ilustrasi

JAKARTA –  Pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) berhasil  unggul di semua generasi dibandingkan dengan rivalnya, pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga). Hal itu merupakan hasil dari survei Alvara Research Center.

Untuk pemilih Gen Z (usia 17-21 tahun), Jokowi – Ma’ruf unggul dengan perolehan 47,9 persen dibanding Prabowo-Sandiaga sebesar 36 persen, sementara 16,2 persen belum memutuskan pemilih. Untuk pemilih milenial (usia 22-37 tahun), Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 53,6 persen dibanding Prabowo-Sandiaga yang hanya sebesar 34,5 persen. Sisanya, 11,9 persen belum memutuskan pilihan.

Adapun dari sisi pemilih Gen X (usia 38-53 tahun), Jokowi-Ma’ruf unggul juga dengan perolehan 57,5 persen dibanding Prabowo-Sandiaga sebesar 33 persen. Sementara, 9,5 persen belum memutuskan pilihan. Untuk pemilih Baby Boomers (usia lebih 53 tahun), Jokowi – Ma’ruf unggul 57,5 persen dibanding Prabowo – Sandiaga sebesar 30,4 persen. Sisanya 12,1 persen belum memutuskan pilihan.

Baca Juga :  Guntur Romli: Jokowi Gagal Hancurkan PDIP, Gagal Loloskan PSI, Tapi PPP Terdampak Daya Rusaknya

Dari hasil survei tersebut, CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, menyimpulkan akan ada pertarungan ketat akan terjadi dalam memperebutkan pemilih muda, gen Z dan milineal. “Sebab, selisih elektabilitas dua pasangan belum mencapai 20 persen dibandingkan di generasi yang lebih tua,” ujar Hasanuddin di Jakarta pada Selasa, 6 November 2018.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Alvara Research Center menggelar survei nasional pada 8-22 Oktober 2018. Riset ini menggunakan multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1.781 responden yang berusia 17 tahun ke atas. Sampel diambil di 33 provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk.

Provinsi Sulawesi Tengah tidak diikutkan  survei karena terkendala dampak gempa bumi di Palu dan sekitarnya. Rentang margin of error sebesar 2,37 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com