JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Masih Ada 13 WNI Yang Terancam Eksekusi Mati di Arab Saudi

ilustrasi hukuman mati
ย ย ย 
ilustrasi

JAKARTA โ€“ ย Sejauh ini, masih ada sebanyak 13 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terancam hukuman mati di Arab Saudi.ย  Hal itu disampaikan oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal.

“13 WNI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi itu baik yang berada di wilayah Jeddah maupun wilayah Riyadh,” kata Iqbal di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Iqbal mengatakan, sejak 2011 hingga 2018, ada 103 WNI yang terancam hukuman mati. Dari jumlah tersebut, pemerintah telah berhasil membebaskan 85 WNI dari hukuman mati. Kemudian, sebanyak 5 WNI telah dieksekusi salah satunya Tuti Tursilawati pada Senin (29/10/2018). Adapun 13 WNI lainnya masih terancam.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Menurut Iqbal, proses hukum para WNI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi baru sampai tahap pengadilan umum atau yang paling awal. Namun, kata Iqbal, ada juga yang sudah inkracht atau berkekuatan hukum tetap.

Putusan yang sudah inkrach merupakan hukuman dengan tingkatan ta’zir atau yang paling ringan.

“Jadi masih bisa diupayakan pemaafan melalui raja,” ujar Iqbal.

Dari 13 WNI, kata Iqbal, yang mendapat hukuman berat adalah Eti binti Toyib, buruh migran asal Majalengka, Jawa Barat, yang satu kampung dengan Tuti Tursilawati.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Eti mendapat hukuman mati qisas yang satu tingkat lebih berat dari ta’zir. Artinya, kata Iqbal, yang bisa memaafkan adalah ahli waris korban.

Saat ini, pemerintah masih berupaya melakukan pembicaraan dengan keluarga korban agar bisa meringankan hukuman Eti.

“Kami meminta ahli waris menyampaikan tawaran tertulisnya mengenai persyaratan pemaafan tersebut. Nanti kesepakatannya akan dihitung setahun dari notifikasi tertulis,” kata Iqbal. Eksekusi mati terhadap Tuti Tursilawati dikabarkan tanpa ada notifikasi terlebih dahulu.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com