loading...
Loading...
Masyarakat desa Sukorejo sedang mengikuti penyuluhan tentang Transmigrasi dari Disnakertrans Sragen, Jumat (2/11/2018). Foto: Wardoyo

SRAGEN—Sosialisasi tentang Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi tema giat non fisik TMMD ke-103 Kodim 0725/Sragen, Jumat (2/11/2018). Penyuluhan yang diadakan di balai desa Sukorejo tersebut menghadirkan pembicara dari Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang diwakili oleh Kabid Transmigrasi Disnakertrans Sragen, Darmanto.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Lettu inf Hartadi sebagai koordinator  TMMD di desa Sambirero, dan dihadiri oleh Sekdes Sukorejo, Mujiman dan warga desa Sukorejo.

Dalam sosialisasinya tersebut Darmanto memaparkan beberapa hal dan dilanjutkan dengan Tanya jawab agar para calon transmigran mendapatkan info yang lebih jelas dan lengkap. Dengan Tanya jawab ini diharapkan calon transmigran  tertarik dan benar-benar akan berangkat. Diharapkan juga  pihak Desa/Kelurahan dapat menyeba luaskan soasialisasi ini kepada masyarakatnya karena ini merupakan program Pemerintah Pusat.

Kabid Transmigrasi Kabupaten Sragen tersebut  juga memaparkan beberapa hal tentang ketransmigrasian  secara umum.  Selanjutnya peserta yang hadir dijelaskan tentang   latar belakang, dasar hukum,  syarat-syarat dan tahapan rekrutmen calon transmigran. Tidak hanya berhenti disini Narasumber juga menjelaskan tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan,  pemberangkatan sampai penempatan transmigran di lokasi transmigrasi. Dengan pemaparan ini diharapkan para calon transmigran dapat memahami hak dan kewajibannya.

Pada umumnya tujuan di selenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitarnya, peningkatan dan pemerataan pembangunan daerah, serta memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan produktivitas masyarakat transmigrasi, membangun kemandirian dan mewujudkan integrasi di permukiman transmigrasi, sehingga ekonomi dan sosial budaya mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. Marwantoro S

Loading...