loading...
Loading...
Ilustrasi. pexels.com

WONOGIRI-Koloni tawon gung atau lebah hutan menyerang sejumlah warga Dusun Mesu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Sedikitnya ada empat warga yang diserang koloni tawon gung tersebut, beberapa hari lalu. Mereka mendapatkan sengatan hingga terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Warga Dusun Mesu RT 1 Desa Sumberagung, Joko Umarwan mengatakan, empat warga itu sebelumnya menggarap lahan pertanian, pada Senin (29/10/2018) lalu. Keempat warga itu adalah ibu-ibu lanjut usia dan tetangganya satu RT.

Baca Juga :  Bencana Angin Lesus Melanda Sidoharjo dan Kismantoro Wonogiri. Kios dan Lapak Hingga Tenda Wayang Kulit Rusak, Irigasi Jebol Pohonpun Tumbang

“(Mereka adalah) Bu Kantun, Samiyem, Siwar, dan Kasnah,” kata dia, Jumat (2/11/2018).

Saat di tengah sawah, salah seorang di antara mereka dihinggapi seekor tawon gung. Merasa kaget dan terganggu, serangga itu terpaksa ditepuk. Namun, keputusan menepuk itu justru berakibat fatal. Kawanan tawon yang lain marah dan menyerang empat orang itu.

Baca Juga :  Jadi Pahlawan Masa Kini, Polres Wonogiri Tanam 21.850 Bibit Pohon di Waduk Baran Puloharjo Eromoko

“Warga lain berusaha menolong dan melarikan korban ke rumah sakit. Ada yang muntah dan diare. Bahkan ada yang sampai pingsan,” jelas dia.

Warga selanjutnya berusaha mengusir kawanan tawon gung dengan mengasapi sarangnya. Mereka mengasapi sarang pada malam hari dalam situasi gelap. Karena kalau siang, tawonnya akan menyerang.

Baca Juga :  Ini Penampakan Pohon Gadog Raksasa Setinggi 25 Meter di Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Namun Akhirnya Dipotong Karena Rawan Tumbang

“Setelah diasapi, tawon tersebut pergi meninggalkan sarangnya. Kami lalu mengambil madunya,” sebut dia. Aris Arianto

Loading...