JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Komandan Paspampres, Mayjen Maruli Simanjuntak Akui Mendadak Kangen Sragen. Tampil Sangat Sederhana, Satu Jam Lebih Ikut Begadang di Angkringan Bersama Ashoco 

Komandan Paspampres, Mayjen Maruli Simanjuntak (tengah depan) berpose bersama komunitas Ashoco Jarang Pulang Sragen di angkringan shoping Pasar Kota Sragen, Minggu (2/12/2018) dinihari. Foto/Wardoyo
Komandan Paspampres, Mayjen Maruli Simanjuntak (tengah depan) berpose bersama komunitas Ashoco Jarang Pulang Sragen di angkringan shoping Pasar Kota Sragen, Minggu (2/12/2018) dinihari. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Komunitas Angkringan Shoping Community (Ashoco) Jarang Pulang Sragen mendapat tamu istimewa. Minggu (2/12/2018) dinihari, komunitas yang mewadahi lintas profesi di Sragen itu mendapat kehormatan dikunjungi oleh Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak.

Mantan Danrem Solo itu mendadak hadir di tengah-tengah anggota Ashoco yang begadang di angkringan shoping Pasar Kota Sragen.

Kunjungan itu merupakan kali pertama sejak Maruli resmi mengemban jabatan baru sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dua hari lalu.

Meski menduduki jabatan penting di ring 1 kepresidenan, mantan Kasdam IV/Diponegoro itu ternyata tampil sangat sederhana. Mengenakan kemeja putih dan celana jeans biru, Maruli mengejutkan beberapa pejabat dan anggota Komunitas Ashoco yang malam itu tengah begadang di markas shoping Pasar Kota Sragen.

Ada Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto yang didapuk sebagai Presidennya Komunitas Ashoco, legislator Sragen Faturrahman, Kapolres AKBP Arif Budiman, Dandim Letkol Kav Luluk Setyanto, Kombes Pol (Purn) Sarbini dan sejumlah Kades, Kapolsek hingga pedagang maupun seniman anggota Ashoco Jarang Pulang.

Mayjen Maruli tiba di angkringan shoping sekitar pukul 24.00 WIB. Selama hampir satu jam lebih, ia duduk di kursi kayu memanjang bersama anggota Ashoco lainnya.

Baca Juga :  Viral, Video Pemandangan Miris Ratusan Pelamar Kerja di Pabrik Boneka PT CWI Masaran Sragen Berkerumun dan Berdesakan Memasukkan Lamaran. Sebagian Bahkan Sampai Terinjak-Injak Pelamar Lain

Meski sudah naik jabatan, tak ada yang berubah dari sosok Maruli yang memang banyak dikenal hangat dan ramah. Obrolannya bersama anggota Ashoco dinihari itu tetap mengalir santai tanpa ada sekat.

“Ya ngobrol obrolan-obrolan biasa saja. Kangen-kangenan dengan komunitas Ashoco Sragen,” ujarnya kepada Joglosemar.

Mayjen Maruli menguraikan meski hanya ngumpul dan ngobrol di angkringan, ia memandang komunitas Ashoco Sragen bisa memberi banyak manfaat. Ia menyebut obrolan di Ashoco dinilai bisa menjadi solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang ada.

“Obrolan santai tapi banyak manfaat. Bisa memecahkan persoalan-persoalan,” tuturnya.

Maruli memang mencatatkan karier cemerlang. Usai menjabat Danrem dan Kasdam, ia melesat mendapat promosi jabatan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden.

Ia menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang dirotasi menjadi Komandan Korps Marinir.

Rotasi ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018 yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis (29/11/2018).

Baca Juga :  Dapat Posisi Kanan, Cabup Petahana Sragen, Mbak Yuni Langsung Ucapkan Alhamdulillah. Optimis Bakal Jadi Awal Yang Baik, Sebut Masyarakat Juga Makin Mantap Memilih di 9 Desember 2020
Mayjen Maruli Simanjuntak saat ngobrol santai di angkringan shoping Sragen Kota bersama komunitas Ashoco, Minggu (2/12/2018) dinihari. Foto/Wardoyo

Presiden Komunitas Ashoco Jarang Pulang Sragen, Bambang Widjo Purwanto mengaku tak menyangka bakal kedatangan tamu istimewa Dan Paspampres. Namun ia mengatakan meski sudah beberapa kali berpindah jabatan, Mayjen Maruli memang masih menjadi anggota dan ada di grup WA Ashoco Sragen.

“Selama menjabat Kasdam di Semarang lalu naik jabatan di Jakarta memang belum sempat main ke Sragen. Makanya tadi beliau bilang saya harus ke Sragen karena pingin ketemu teman-teman komunitas Ashoco. Kebetulan Pak Maruli ada di dalam grup Ashoco juga,” terangnya.

Ia mengisahkan terakhir kali, Mayjen Maruli datang ke Ashoco saat masih menjabat Danrem Solo. Karenanya, ia dan komunitas Ashoco mengaku sangat terkesan dengan kesediaan Mayjen Maruli untuk bersilaturahmi kembali.

“Tadi sekitar satu jam lebih ikut ngobrol dan begadang dengan komunitas Ashoco. Saya melihat beliau memang orangnya ramah, sangat bersahabat dan  bersahaja. Walaupun sudah jenderal dan punya jabatan tinggi, ternyata beliau masih ingat kami. Pertemanannya memang tulus dan luar biasa,” tukasnya. Wardoyo