JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Konsumsi Cokelat Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Ini Penjelasannya

Ilustrasi/tribunnews

Siapa yang yak suka cokelat? Rasanya yang manis dan legit tentu ngangeni. Ternyata, mengonsumsi cokelat punya manfaat bagi kesehatan tubuh lho.

Sebuah hasil penelitian  menyebutkan,  mengonsumsi cokelat sebanyak tiga batang setiap bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung secara drastis.

Riset yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology, Jerman itu menyatakan, konsumsi cokelat dalam jumlah cukup adalah kunci untuk mencegah masalah jantung, dengan catatan yang dimakan adalah dark chocolate, bukan yang terlalu manis karena kebanyakan gula.

Riset dilakukan dengan meneliti lebih dari satu juta orang dewasa untuk menentukan efek konsumsi cokelat pada jantung.

Dari hasil riset, peneliti menyimpulkan konsumsi cokelat hingga tiga batang per bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tak mengonsumsi coklat.

Baca Juga :  IDI Laporkan 115 Dokter Meninggal Akibat Pandemi Covid-19, Sebut Setara 300.000 Rakyat Indonesia Kehilangan Pelayanan Kesehatan

Namun, terlalu banyak mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan peningkatan risiko gagal jantung hingga 17 persen.

Karenanya jumlah yang baik hanya tiga batang per bulan. Dr Chayakrit Krittanawong, selaku pemimpin riset, mengatakan flavonoid yang ada pada cokelat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

“Saya percaya cokelat adalah sumber flavonoid penting yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik,” katanya.

Menurutnya, mengkonsumsi flavonoid dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang ditemukan di dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

Baca Juga :  Bau Mulut Bagi Penderita Diabetes, Begini Cara Mengatasinya

“Namun, cokelat mungkin memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan kita untuk mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang.

Untuk hasil yang maksimal, periset juga menganalisis lima studi terpisah untuk penelitian mereka, yang terdiri dari 575.852 individu secara keseluruhan.

Namun, periset menyatakan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi hubungan antara asupan cokelat dan kesehatan jantung.

Riset yang dilakukan di California pada awal tahun ini menyimpulkan konsumsi cokelat hitam dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental dengan menghilangkan stres dan meningkatkan fungsi memori.  #tribunnews