JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

3.360 TPS di Sragen Masuk Kategori Hijau. Kapolres Sebut Ada 3 Tahapan Paling Rawan Gejolak Saat Pemilu! 

Jajaran Forkompida Sragen saat menggelar rakor persiapan pengamanan Pemilu, Selasa (29/1/2019). Foto/Wardoyo
Jajaran Forkompida Sragen saat menggelar rakor persiapan pengamanan Pemilu, Selasa (29/1/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan menegaskan 3.360 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Sragen yang disiapkan untuk Pemilu dan Pileg serentak April 2019, dinyatakan dalam kategori hijau. Hal itu disampaikan saat rapat koordinasi lintas sektoral menghadapi persiapan pengamanan Pemilu serentak yang digelar Selasa (29/1/2019).

Kepada wartawan, Kapolres mengatakan semua TPS di wilayah Sragen masuk kategori hijau alias aman. Jumlah TPS di Sragen ada sekitar 3.360 TPS di Pemilu nanti.

Meski masuk zona aman, menurutnya hal itu tak lantas membuat Polres underestimate. Pengamanan maksimal tetap akan jadi prioritas untuk memastikan kelancaran gelaran Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang di wilayah Sragen.

“Pola pengamanan nantinya kita terapkan 2 personel Polri di 12 TPS dibantu 24 linmas. Nanti masih di-backup oleh personel Kodim,” papar Kapolres.

Baca Juga :  Bupati Yuni Umumkan Sragen Turun Jadi Zona Oranye Covid-19. Tegaskan Hajatan Tidak Dilarang, Soal Izin Keramaian Kewenangan Polres!

AKBP Yimmy menguraikan untuk pengamanan Pemilu, Polres akan mengerahkan kekuatan penuh. Sekitar 2/3 kekuatan atau 778 personel bakal diterjunkan untuk mengamankan jalannya tahapan Pemilu.

Selain itu, dua pleton Brimob juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi pengamanan. Selain di TPS, personel khusus juga sudah disiapkan untuk mengamankan TPS khusus yang ada di Lembaga Pemasyarakatan.

Perihal tahapan paling rawan, ia menyebut ada tiga tahapan. Yakni masa tenang, hari H pemungutan suara dan perhitungan suara.

“Pengamanan saat ini sudah kita terapkan. Nanti 778 personel itu akan kita terjunkan mulai masa tenang, pemungutan suara dan termasuk mengawal semua pergeseran kotak suara mylai dari KPU sampai ke TPS. Dan sesudahnya dari TPS sampai KPU lagi. Kita ingin pastikan semua berjalan aman,” tandasnya.

Baca Juga :  Paslon Yuni-Suroto Ciptakan Sejarah Baru di Pilkada Sragen. Ajak Masyarakat Antusias Datang ke TPS, Target Raih Suara 80 % 

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan Rakor digelar untuk membahas beberapa hal teknis dan kendala yang mungkin dihadapi menjelang Pemilu. Rakor yang dihadiri semua jajaran Forkompida itu juga dimaksudkan mengoordinasikan beberapa aspek sehingga potensi persoalan bisa diselesaikan.

Terutama, soal pengamanan distribusi logistik dari KPU ke PPS. Menurutnya sejauh ini tak ada kendala berarti dan ia menjamin pelaksanaan Pemilu di Sragen bisa berjalan aman, damai dan sejuk.

“Termasuk tadi juga disimulasikan kotak suara. Dan tadi sudah dipastikan kotak suara kondisinya aman dan kuat. Kita juga mendorong partisipasi masyarakat agar bisa mencapai target yang ditetapkan pemerintah yakni kehadiran bisa 77,5 persen,” tandasnya. Wardoyo