JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Amankan Pemilu 2019, Polres Wonogiri Terapkan Pola 2-12-24

Penandatanganan MoU pengamanan Pemilu 2019 antara KPU Kabupaten Wonogiri dan Polres Wonogiri.
Penandatanganan MoU pengamanan Pemilu 2019 antara KPU Kabupaten Wonogiri dan Polres Wonogiri.

WONOGIRI-KPU Kabupaten Wonogiri melaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Polres Wonogiri mengenai pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2019, Senin (14/1/2019).

Dalam MoU tersebut terungkap kepolisian telah siap mengamankan Pemilu serentak bulan April mendatang. Terungkap pula pengamanan yang akan diterapkan Polres Wonogiri, yakni 2-12-24.

“Yaitu 2 anggota Polri mengamankan 12 TPS dengan dibantu 24 linmas,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati.

Baca Juga :  Sah Lur, Pilkada atau Pilbup Wonogiri 2020 Diikuti 2 Paslon, Yakni Joko Sutopo-Setyo Sukarno alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo, KPU Sudah Menetapkan

Pihaknya meminta titik kerawanan agar dikoordinasikan. Supaya anggota dapat menjangkau ke daerah TPS yang diperkirakan rawan bencana maupun rawan situasi kamtibmasnya.

Para peserta pemilu harus siap kalah dan siap menang. Yang menang diharapkan tidak terlalu euforia dan harus menghormati, dan yang kalah harus siap mental tidak boleh juga melakukan kegiatan yang mengganggu kamtibmas.

“Kami menjaga komitmen netralitas kami sebagai aparat kepolisian. Dan itu kami berikan penekanan secara rutin kepada anggota,” tegas dia.

Baca Juga :  Luar Biasa Lur, DPMPTSP Wonogiri Sukses Raih Penghargaan Public Service of The Year 2020, Penyelenggaranya Markplus Bekerjasama Dengan Majalah Marketeers

Sementara Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi menuturkan, telah dilaksanakan rekrutmen relawan demokrasi di seluruh wilayah Wonogiri. Hal itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan target 77,5 persen. Perlu diketahui pada Pilkada Jateng yang lalu tingkat partisipasi pemilih 69 persen dengan kerusakan suara sekitar 13 ribu lembar. Aris Arianto