JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Balapan Mendaki Lawu, Pemuda Asal Magelang Dikabarkan Hilang Kontak dan Tersesat Sejak 31 Desember 2018 

Foto/Istimewa
Foto/Istimewa

KARANGANYAR – Seorang pendaki dikabarkan tersesat saat melakukan pendakian ke puncak Gunung Lawu. Sebelumnya, korban dilaporkan beradu cepat mendaki sampai ke puncak dengan teman-temannya.

Humas Basarnas Pos Surakarta Yohan Tri Anggoro mengatakan informasi yang diterima Basarnas, pendaki yang diketahui bernama Alvi Kurniawan (20) warga Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo Kabupaten Magelang ini naik bersama keenam temannya via pos pendakian jalur Cetho pada 31 Desember 2018.

“Satu subyek diketahui bernama Alvi Kurniawan dikabarkan tersesat saat mendaki ke Gunung Lawu. Subyek yang berasal dari Magelang ini naik ke puncak Gunung Lawu bersama keenam temannya melalui pos pendakian jalur Cetho,”papar Yohan, Kamis (3/1/2019).

Ketujuh pendaki asal Magelang yang naik ke puncak Lawu ini, ungkap Yohan adalah, Wahyu Candra, Supriyanto, Janik Khairul Anam, Irma Anjarwati, Ramadhan Fitria, dan korban hilang Alvi Kurniawan.

Menurut Yohan, mereka bertujuh ini naik ke puncak Gunung Lawu sekira pukul 8.00 WIB. Kemudian, sebelum sampai pos lima, sekira pukul 19.00 WIB, rombongan ini pun mendirikan tenda untuk menginap.

Baca Juga :  Hasil Swab Berubah-Ubah, Keluarga Pak RT Buran Karanganyar Yang Positif Covid-19 Diminta Isolasi Mandiri Dulu. Hikmah Positifnya, Kades Sebut Warga Makin Waspada dan Perketat Protokol Kesehatan!

“Kemudian sekira pukul 10.00 WIB, dua orang, Supriyanto dan Janik Khairul Anam memutuskan naik terlebih dahulu meninggalkan rombongan lainnya. Dan sekira pukul 12.00 WIB, keduanya sampai di puncak Gunung Lawu sebelum turun ke Hargo Dalem sambil menunggu rombongan lainnya naik ke puncak,”terangnya.

Sekira pukul 10.30 WIB, sisa rombongan itupun melanjutkan perjalanan menuju ke puncak Gunung Lawu. Saat berada di perbatasan Sabana, ke lima rombongan ini pun bertemu dengan pendaki perempuan yang berasal dari Wonosobo.

Saat bertemu dengan rombongan Alvi, pendaki perempuan asal Wonosobo ini menantang Alvi untuk balapan naik ke atas. Mendengar tantangan ini, hanya Alvi yang berani menerima tantangan itu.

Kemudian,keduanya pun balapan naik ke puncak Lawu meninggalkan sisa rombongan lainnya.

“Subyek dan pendaki asal Wonosobo ini pun akhirnya balapan naik ke puncak. Hadiah bagi siapa saja yang menang, di traktir di warung mbok Yem yang ada di puncak,’terang Yohan.

Baca Juga :  Tambah 1 Warga Meninggal, Total Kematian Covid-19 Karanganyar Total 65. Kasus Positif Covid-19 Tembus Angka 362

Sekira pukul 12.17 WIB, merekapun bertemu dengan pendaki yang balapan dengan Alvi naik ke puncak.

Kepada rombongan ini, pendaki itupun mengatakan saat tiba di pasar Dieng mereka berpisah karena dirinya sudah tak kuat balapan dan memutuskan untuk beristirahat. Sedangkan Alvi, tetap meneruskan naik ke puncak Gunung Lawu seorang diri.

Setelah sampai di puncak, mereka tidak bertemu dengan Alvi. Dan kemudian mereka pun memutuskan untuk turun setelah sempat menunggu cukup lama di camp atas. Sesampainya di pos masuk, mereka pun melaporkan rekan mereka yang tersesat.

“Begitu menerima laporan, kami pun langsung melakukan penyisiran ke puncak Gunung Lawu dan jalur pendakian. Kendala terberat yang dihadapi tim evakuasi ini, selain kabut tebal, juga hujan yang turun,”pungkasnya. Wardoyo