JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kokain di Indonesia Diselundupkan Lewat Jalur Udara

kokain narkoba
Ilustrasi

JAKARTA – Kokain yang beredar di Indonesia berasal dari sejumlah negara di Amerika dan Eropa. Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari mengatakan, Narkoba dari ekstrak daun Koka tersebut diselundupkan dari jalur udara.

“Biasanya modusnya memanfaatkan penerbangan orang Indonesia dari negara yang memproduksinya,” kata Arman saat dihubungi, Jumat (18/1/2019).

Dalam beberapa bulan terakhir, polisi telah menangkap tiga pengedar dan pengguna kokain baik dari kalangan publik figur sampai cucu konglomerat.

Mereka adalah Richard Muljadi cucu konglomerat Kartini Muljadi, aktor Steve Emmanuel alias Yusuf Iman, dan asisten pribadi presenter sekaligus desainer Ivan Gunawan berinisial AJA.

Baca Juga :  Pegawai KPU Bekerja dari Rumah Lantaran Ketuanya Positif Covid-19

Berdasarkan penyelidikan polisi, pasokan kokain AJA dan Steve Emmanuel diduga berasal dari jaringan yang sama di Belanda. Kokain keduanya merupakan kualitas yang terbaik.

Arman menuturkan kokain yang diselundupkan ke Indonesia sebagian besar dari negara Amerika Latin, terutama Kolumbia. Namun, saat ini, kokain asal Belanda juga mulai menyerbu negara ini.

Baca Juga :  Kasus Temuan Mayat Termutilasi di Kalibata City: Pelaku Ditangkap, Motif dan Kronologi Pun Terungkap. Pelaku adalah Pasangan Kekasih yang Incar Harta Korban

Menurut dia, kokain yang diselundupkan dari negeri kincir angin itu lantaran banyak orang Indonesia yang tinggal di sana.

Ditambah, kata dia, jumlah penerbangan orang Indonesia dari Belanda termasuk tinggi. Sehingga, penerbangan komersil tersebut sangat berpotensi dimanfaatkan untuk menyelundupkan kokain asal Belanda.

“Belanda tidak hanya memproduksi dan menyelundupkan kokain. Negara itu juga banyak menyelundupkan ekstasi ke Indonesia,” ujarnya.

“Sebagian besar diselundupkan lewat jalur penerbangan,” ucapnya.

www.tempo.co