loading...
Kapolsek Dukun, AKP Dimas Bagus Pandoyo saat menyerahkan bantuan sedekah program Getuk ke salah satu kakek kurang mampu di Dusun Krajan, Dukun, Jumat (11/1/2019). Foto/Wardoyo

MAGELANG- Siapa bilang polisi hanya melulu menangani tugas pengamanan Kamtibmas saja. Buktinya, di sela rutinitas kesibukan tugas, aparat di jajaran Polres Magelang masih  menyempatkan untuk melakukan kegiatan kemanusiaan.

Menariknya, giat kemanusiaan justru seolah menjadi hobi baru bagi jajaran di Polres yang dipimpin Kapolres AKBP Yudianto Adi Nugroho itu.

Gerakan peduli kemanusiaan itu dikemas dalam sebuah program bernama Getuk. Akronim Getuk sendiri merupakan kependekan dari Gerakan Turun Untuk Kemanusiaan yang menjadi salah satu program Kapolres.

Tak hanya slogan semata, gerakan Getuk itu ditindaklanjuti di setiap lini Polri di wilayah Polres Magelang. Seperti yang dilakukan Kapolsek Dukun, AKP Dimas Bagus Pandoyo Jumat (11/1/2019) siang.

Mengenakan peci, AKP Dimas tampak semangat blusukan menyambangi beberapa warga miskin di wilayah tugasnya. Aksi blusukan Getuk itu dilakukan bersama Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto.

Baca Juga :  Edarkan Pil Koplo Jenis Eximer, Seorang Pemuda Diciduk dan Terancam 15 Tahun Penjara dan Denda Rp 1,5 Miliar 

Teriknya siang tak menyurutkan semangat mantan Kasat Reskrim Polres Sragen itu untuk menjalankan misi kemanusiaannya bersama Wakapolres.

Satu persatu, kedua perwira itu mendatangi rumah warga miskin. Tak hanya memberi paket sedekah, mereka juga tanpa canggung blusukan ke rumah dan dapur untuk sekadar bercengkerama berbincang dengan warga kurang mampu yang dikunjungi.

“Hari ini tadi, kami blusukan Getuk ke Dusun Krajan, Desa Krinjing, Kecamatan Dukun. Ada tiga warga kurang mampu yang kami berikan sedekah,” papar AKP Dimas seusai kegiatan Jumat (11/1/2019).

Aksi blusukan Getuk itu ternyata juga memantik antusias dari jajaran lain yang turut hadir. Diantaranya Kasie Propam Iptu Totok,  KBO Intelkam Iptu Sutarman, Kasi Keu Aiptu Imam Budhiyarto, Kanit hingga anggota Polsek Dukun.

Baca Juga :  Dua Nasabah Gugat Bank Jateng Rp 5,4 M

AKP Dimas merinci ada tiga warga kurang mampu itu masing-masing Bero (50) warga Dusun Krajan RT 4/11, Sutar (60) warga Dusun Krajan RT 4/11 dan Ibu Tayem (70) janda sebatang kara di Dusun Krajan RT 4/11.

Ekspresi mereka pun sangat mengharukan. Seperti yang ditunjukkan Sutar, kakek yang rumah sederhananya dikunjungi Wakapolres dan Kapolsek Dukun siang itu.

Wakapolres Magelang didampingi Kapolsek Dukun saat melakukan blusukan Getuk ke salah satu warga tidak mampu di Dusun Krajan Jumat (11/1/2019). Foto/Wardoyo

Kakek itu mengaku sangat bersyukur bisa mendapat sedekah dari Polres. Bahkan buruh tak menyangka jika siang itu para pejabat di Polres juga berkenan menyambangi rumahnya meski kondisinya hanya berdinding bambu.

Matur suwun sanget Pak Polisi,” tutur Mbah Sutar terharu.

AKP Dimas menambahkan kegiatan blusukan Getuk itu digelar sebagai implementasi semangat berbagi dan peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu. Ia mengapresiasi positif program Kapolres itu lantaran bisa menjadi sarana mendekatkan silaturahmi ke masyarakat sekaligus menanamkan jiwa kepedulian di kalangan anggota.

Baca Juga :  Tujuh Warga Magelang Dapat Penghargaan dari Polres Magelang Kota Setelah Bantu Polisi Ungkap Kasus Perusakan Makam

“Dengan begini, kami bisa lebih sering bersilaturahmi dengan masyarakat dan mereka juga antusias,” tandas AKP Dimas. Wardoyo

 

 


Loading...