JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Usut Pemicu Keracunan Massal di Hajatan, Tim Puskesmas Colomadu Amankan Sejumlah Sampel. Diduga Makanan Ini Biangnya!  

Salah satu pasien keracunan massal di Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar saat menjalani perawatan Minggu (13/1/2019) petang. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Kepala Puskesmas Colomadu I, drg Mardikaningtyas Kusumaningsih mengatakan pihaknya langsung bergerak untuk mencari penyebab keracunan massal yang menimpa puluhan warga usai menyantap hidangan di acara hajatan mantu warga Minggu (13/1/2019) petang.

Menurutnya, sesaat setelah kejadian, tim langsung diterjunkan untuk mengambil sampel semua makanan yang dihidangkan di hajatan.

“Hidangan yang dicurigai penyebab keracunan adalah sosis basah dan sop matahari. Tapi untuk kepastiannya, akan dicek laboratorium. Sejauh ini, kami belum bisa menyimpulkan penyebab pasti keracunan. Masih dilakukan penyelidikan epidemologi,” kata Mardikaningtyas Kusumaningsih.

Baca Juga :  Mahasiswi UIN Ungkap Keprihatinannya Saat Lihat Proses Belajar Daring Siswa di Desa Jenawi Karanganyar. Tanpa Materi, Anak-anak Langsung Dicekoki Tugas dari Sekolah

Sampel makanan tersebut selanjutnya akan diteliti di laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar.

Puluhan warga Dusun Klegen RT 2 RW 8, Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan makanan di lokasi hajatan, Minggu (13/1/2019).

Hingga petang tadi, mereka masih dirawat di tiga rumah sakit di wilayah Solo dan sekitar Colomadu.

Puluhan warga itu mendadak mengeluhkan mual dan muntah, beberapa saat setelah pulang menghadiri hajatan mantu salah satu warga desa setempat Minggu (13/1/2019) siang.

Baca Juga :  Selamat, PWRI Kecamatan Tawangmangu Bakal Segera Punya Gedung Baru. Peletakan Batu Pertama Sudah Dimulai, Begini Pesan Bupati!

Pantauan di lapangan, ada 28 korban yang masih dirawat di tiga lokasi rumah sakit. Yaitu di RS UNS Pabelan, Klinik Saras Gajahan dan RS AURI Bolon, Colomadu.

Diduga, para korban keracunan dari makanan olaahhan sendiri yang disajikan dalam acara hajatan tersebut. Beruntung insiden keracunan itu tak sampai merenggut korban jiwa. Wardoyo