JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Debat Capres Kedua Dinilai Mampu Menggeret Swing Voters

debat
Ilustrasi/tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Suasana debat capres putaran kedua yang sangat dinamis, dinilai mampu mempengaruhi swing voters alias pemilih yang belum menentukan pilihan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan. Dia  menilai debat capres putaran kedua yang mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto cukup mempengaruhi pemilih.

Dia mengatakan mereka yang masih swing voters (pemilih belum menentukan pilihan) bisa terpengaruh.

“Kalau para penonton melihat ada pemenang yang cukup jelas dalam debat capres itu, maka berpotensi mempengaruhi para pemilih,” ujar Djayadi saat dihubungi Tempo, Senin(18/2/2019).

Baca Juga :  Kasus Korupsi PT DI, KPK Bakal Periksa Pegawai Sekretariat Negara

Menurut Djayadi, para swing voters ini akan lebih banyak terpengaruh pada ide atau program dari setiap kandidat. Mereka, kata dia, akan menentukan pilihan jika kedua capres memberikan program-program konkret yang disampaikan dalam debat capres.

“Biasanya pemilih ini menunggu ide atau program yang lebih konkret yang bisa membedakan kedua calon presiden, sehingga mereka bisa punya keyakinan untuk memilih salah satu,” kata dia.

Baca Juga :  Hasto: Sebagai Pemenang Pemilu, PDIP Paling Sedikit Tempatkan Kader di Jabatan Strategis

Djayadi mengatakan debat pada dua hari lalu terlihat lebih baik daripada sebelumnya. Dari debat kemarin, ucap dia, baik Jokowi maupun Prabowo lebih mencoba menampilkan data dan ide-ide ke depan.

“Debat kemarin itu cukup kontras terutama dalam hal menampilkan ide atau program yang lebih konkret jelas,” ucapnya.

Debat capres kedua berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat yang berlangsung selama 90 menit itu membahas isu sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan hidup, serta infrastruktur.

www.tempo.co