JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menolak Masuk Bui, Buni Yani Malah Sambangi Kiai Ini

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Tempo.co

JAKARTA – Berbeda dengan Ahok yang patuh menjalani hukumannya lantaran tuduhan penistaan agama, terpidana Buni Yani yang terseret kasus pelanggaran UU ITE  dan ujaran kebencian tak mau masuk penjara.

Ia pilih mangkir  dari panggilan dan malah menyambangi kediaman pemimpin Pondok Pesantren As Syafi’iyah, Kiai Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i di Jalan Albarkah, Tebet, Jakarta Selatan.

“Saya datang untuk mendengarkan nasihat guru kami, apa yang seharusnya saya lakukan,” kata Buni di Masjid Albarkah As Syafi’iyah, Jumat (1/2/2019).

Baca Juga :  Remaja 15 Tahun Jadi Korban Pelecehan Seksual oleh Waria, Hanphone Dirampas

Menurut Buni, saran dan pendapat ulama seperti Kiai Abdul sangat dibutuhkan. Bahkan, Buni juga telah meminta saran ke pimpinan dewan, yakni Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon terkait dengan kasus yang sedang menderanya.

“Harus seperti apa saya menghadapinya,” ujarnya. “Saya mohon bimbingannya.”

Ia menyatakan bakal menyerahkan diri ke kejaksaan jika Mahkamah Agung telah mengeluarkan fatwa terkait dengan penolakan kasasinya. Sebab, isi penolakan kasasi dari MA tidak ada yang menyatakan bahwa dirinya harus ditahan.

Baca Juga :  PLN Lanjutkan Program Keringanan Biaya Listrik, Ini 2 Cara Klaim Token Listrik Gratis untuk Pelanggan Prabayar

Dalam putusan tersebut MA hanya meminta Buni Yani membayar Rp 2.500 sebagai biaya perkara.
“Saya tidak akan lari ke mana-mana,” ujarnya.
“Kalau fatwa MA mewajibkan saya dipenjara. Otomatis saya akan menyerahkan diri.” #tempo.co