JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah Buka Lagi Lowongan Pegawai Honorer, Lulusan SMK Boleh Ndaftar

rekrutmen
ilustrasi/tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA – Kesempatan kerja kembali dibuka oleh pemerintah melalui rekrutmen pegawai honorer atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I (pertama), Jumat (8/2/2019) sore.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan pelamar bisa mengakses pendaftaran melalui laman resmi BKN yaitu https://sscasn.bkn.go.id.

Lowongan kerja untuk pegawai honorer tak hanya untuk lulusan DIII maupun S-1, tapi ada pula untuk lulusan setara SLTA yaitu SMK Pertanian. Pegawai honorer ini akan ditempatkan menjadi penyuluh pertanian.

“Penyuluh pertanian harus mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang Pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian,” kata Ridwan.

Baca Juga :  Ini Profil 8 Kapolda Baru yang Diangkat Kapolri Jenderal Idham Azis

Selain itu, pelamar tak boleh di usia pensiun. Pemerintah juga membutuhkan banyak pegawai honorer untuk menjadi guru dan tenaga kesehatan.

“Pemerintah mengutamakan pegawai tenaga penyuluh, dosen perguruan tinggi baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori ll (eks THK-Il) untuk jabatan guru (termasuk Guru Kementerian Keagamaan) dan tenaga kesehatan,” kata Ridwan seperti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/2/2019).

Untuk posisi jabatan guru di lingkungan Pemerintah Daerah pendaftar harus mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1. Pelamar juga diwajibakan harus masih aktif mengajar sampai saat ini. Mengenai syarat ini, lebih jauh bisai dilihat melalui laman http:/ /info.gtk.kemdikbud.go.id.

Baca Juga :  Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Siap Bergabung dengan POP, Asalkan...

Kemudian, untuk posisi tenaga kesehatan disyaratkan harus mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-Ill bidang Kesehatan. Pelamar juga harus mempunyai STR yang masih berlaku dan bukan STR internship.

Syarat tersebut dikecualikan untuk lulusan pada bidang Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-lll/S-l Kimia/Biologi.

Pendaftaran pegawai honorer mulai dilakukan melalui laman resmi secara serentak pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 16.00 WIB. Adapun alamat laman resmi BKN tersebut adalah https://sscasn.bkn.go.id.

www.tempo.co