JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

5 Kecamatan di Sragen Tersapu Angin, 32 Pohon Besar Tumbang. 3 Mobil Ringsek, 2 Motor dan Belasan Rumah Rusak 

Kondisi mobil milik guru Ponpes Darul Ihsan Muh Sragen yang tertimpa pohon tumbang Sabtu (23/3/2019) petang. Foto/Wardoyo
   
Kondisi mobil milik guru Ponpes Darul Ihsan Muh Sragen yang tertimpa pohon tumbang Sabtu (23/3/2019) petang. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras disertai angin kencang memporak-porandakan lima kecamatan di Kabupaten Sragen kemarin petang, Sabtu (23/3/2019). Puluhan pohon besar tumbang tak tahan diterjang angin berkecepatan tinggi hingga mengakibatkan sejumlah ruas jalan tertutup pohon.

Tak hanya itu, dua unit mobil yang sedang diparkir ringsek tertimpa pohon yang tumbang. Kemudian satu unit motor dan belasan rumah dilaporkan juga rusak akibat sapuan angin dan tertimpa pohon.

Lima kecamatan yang diterjang angin itu masing-masing Kecamatan Sragen,  Kecamatan Ngrampal, Kecamatan Gondang, Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Masaran.

Data yang dihimpun di lapangan, bencana angin menerjang sekira pukul 14.00 WIB bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur. Terjangan angin berkecapatan tinggi itu membuat puluhan pohon besar yang sebagian berada di tepi jalan tumbang.

Data yang dilansir Polres dan BPBD setempat mencatat kerusakan paling parah terjadi di Kecamatan Sragen. Diantaranya di Kelurahan Nglorog yakni pohon tumbang menimpa SDN 1 Nglorog, lalu pohon di gedung IBI juga tumbang menimpa tiang listrik.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Di Kampung Sidomulyo, lima pohon besar juga tumbang menutup lima akses jalan.

Kemudian sejumlah titik di Jalan Raya Sukowati juga sempat tertutup karena banyak pohon yang jebol dan tumbang ke jalan. Di antaranya di depan RM Bu Djar, depan SMPN 2 Sragen, di depan SMP Muhammadiyah Sragen dan beberapa lokasi lainnya.

Kondisi serupa juga terjadi di jalur ring road utara wilayah Tangkil, Ngepringan, Makam Manding dan Sragen Kulon. Belasan pohon besar juga tumbang menimpa bangunan dan menutup akses jalan.

Bencana angin petang itu mengakibatkan lima kendaraan rusak berat. Terdiri dari tiga mobil dan dua sepeda motor. Tiga mobil yang ringsek di antaranya di Kampung Sarigunan, Sragen Wetan satu mobil milik Reminanto asal Jurangjero Karangmalang.

Lalu satu mobil milik guru di Ponpes Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen yang diparkir di depan sekolah dan tertimpa pohon. Satu mobil yang ringsek terjadi di Jl. Ringroad Utara Tegrat, Desa Tangkil yang menimpa mobil bernopol AD 1836 MY.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Selain itu, ada dua sepeda motor di Kampung Kutorejo, Kelurahan Sragen Tengah yang rusak juga tertimpa pohon tumbang.

Selain di Sragen Kota, pohon tumbang juga terjadi di Dukuh Candi, Desa Kaliwedi, Kecamatan Gondang. Lantas di Kecamatan Sidoharjo juga ada satu pohon tumbang di Dukuh Ndasem RT 14, Desa Duyungan yang menimpa rumah.

Sementara di Kecamatan Masaran ada tiga pohon yang tumbang menutup alan di Dukuh Segajah, Desa Jirapan, Masaran. Di Ngrampal juga dilaporkan sejumlah pohon tumbang.

Kerugian material ditaksir mencapai hampir Rp 70 juta. Sementara usai kejadian tim gabungan dari BPBD, TNI Polri, PMI, SAR dan sejumlah pihak terkait langsung berjibaku melokalisir pohon yang tumbang hingga malam hari.

“Tidak ada korban jiwa. Untuk kerusakan ada tiga unit mobil, dua motor dan satu rumah. Sejumlah ruas jalan terevakuasi oleh tim gabungan, ” papar Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kapolsek Sragen Iptu Mashadi.  Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com