JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Empat Penambang Liar Tewas Seketika di Lubang Galian Emas di Bogor

tewas
Ilustrasi
ย ย ย 

BOGOR, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Lubang galian emas di Desa Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Minggu (17/3/2019) kemarin memakan empat orang korban tewas.

Mereka adalah para penambang liar yang biasa disebut dengan gurandil. Keempatnya ditemukan tewas di dasar lubang, diduga karena menghirup gas beracun.

โ€œKeempat orang itu sedang melakukan penggalian untuk mencari emas,โ€ kata Kasubag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Ita Puspita melalui keterangan tertulis, Senin (18/3/2019).

Empat korban tewas tersebut adalah Ata (27), Satri (25), Kosim (28) dan Adam (27). Kuat dugaan mereka meninggal karena menghirup gas beracun di dalam lubang.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

Ita mengatakan, berdasarkan keterangan para saksi, keempat orang itu sedang melakukan penggalian.

โ€œKurang lebih sekitar 15 menit, Adam yang masuk lubang lebih dahulu, berusaha keluar lagi dengan nafas terengah-engah,โ€ kata Ita.

Karena tidak kuat, lanjut Ita, korban jatuh kembali ke dalam lubang. Ketiga temannya yakni Ata, Kosim dan Satri segera masuk ke lubang untuk menolong Adam.

Baca Juga :  Usai Gugatannya Ditolak MK, OSO hingga Hary Tanoe Merapat di Kediaman Megawati, Bahas Kemungkinan Jadi Oposisi

โ€œNamun ketiga orang yang berusaha menolong itu tidak mampu kembali keluar, karena lemas,โ€ kata Ita.

Ita mengatakan, sekitar pukul 17.00 masyarakat membantu mengevakuasi keempat penambang liar itu dari dalam lubang. Mereka didapati sudah tidak bernyawa di dasar lubang.

โ€œSemua keluarga menerima bahwa kejadian tersebut adalah musibah dan keempat korban tersebut dimakamkan oleh keluarganya selesai sekitar pukul 20.00 pada hari kejadian,โ€ kata Ita.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com