JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fenomena Batik Motif Jokowi Asli Masaran Sragen Mendadak Jadi Primadona. Harga Merakyat, Jadi Buruan Pelanggan Jakarta Hingga Luar Jawa

Motif Batik Jokowi buatan pengusaha batik asal Pilang, Masaran, Sragen, Sugiyamto yang mendadak populer dan diburu banyak pelanggan hingga luar Jawa. Foto/Wardoyo
ย ย ย 
Motif Batik Jokowi buatan pengusaha batik asal Pilang, Masaran, Sragen, Sugiyamto yang mendadak populer dan diburu banyak pelanggan hingga luar Jawa. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Euforia politik menjelang Pilpres dengan kemunculan sosok Joko Widodo sebagau Capres, rupanya menjalar ke dunia kerajinan batik. Kreativitas perajin batik di Masaran, Sragen yang menciptakan motif batik Jokowi, langsung menaikkan pamor motif itu ke pangsa nasional.

Batik motif Jokowi itu diciptakan oleh salah satu pengusaha batik sekaligus fungsionaris PDIP Sragen, Sugiyamto. Pengusaha asal Jantran, Pilang, Masaran itu baru-baru menuangkan kreativitasnya dengan membuat motif batik bergambar Jokowi.

Tak dinyana, motif yang dikombinasikan dengan berbagai motif asli batik Sragen itu sukses merajai pasar batik nasional.

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sugiyamto mengatakan sengaja menciptakan motif batik Jokowi karena kecintaannya pada sosok Jokowi. Kecerdasan dan kesederhaan Presiden asal Solo itu mengilhaminya untuk menuangkan sosok Jokowi dalam berbagai motif batik khas Sragen.

“Di kalangan perajin-perajin batik, memang banyak terbantu oleh Pak Jokowi. Selama pemerintahan Jokowi, omzet batik meningkat tajam. Daya beli batik lumayan bagus. Sehingga kami punya inisiatif membuat motif batik Jokowi ini. Alhamdulilah respon pasar sangat bagus dan laris manis,” paparnya Sabtu (9/3/2019).

Baca Juga :  Usai Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Ketua Umum Gribranholic Sudirman Dukung Prabowo Gibran Menuju Indonesia Emas

Sugiyamto menguraikan motif dasar batik Jokowi yang dibuatnya ada dua. Namun pengembangannya bisa menghasilkan delapan motif batik yang beraneka.

Dari delapan motif batik Jokowi itu, sejauh ini yang paling laris diburu adalah batik motif sogan berdasar warna coklat dengan ornamen wajah Jokowi. Lantas ada pula motif serupa namun gambar Jokowi dibuat warna merah putih.

“Kalau untuk warnanya ada sekotar enam warna. Kami juga melayani pesanan motif yang disesuaikan dengan warga partai pengusung. Kalau yang motif sogan coklat dan merah putih itu motif yang umum dan mana saja bisa masuk,” terangnya.

Ia menguraikan dari segi harga, batik.Jokowi kreasinya dibanderol.sangat terjangkau. Untuk satu potong kain batik, dibanderol paling mahal Rp 60.000 saja.

Baca Juga :  Tanpa Restu Bapak, Untung Wina Sukowati Calon Bupati Sragen 2024 Nekat Maju Lewat Partai Demokrat: Ini Tekat Saya Sendiri

Harga itu akan semakin berkurang jika pembeliannya dalam jumlah banyak.

“Kami jualnya lewat online. Tapi banyak juga yang pesan langsung ke sini. Sampai sekarang yang beredar sudah banyak. Kalau motif sogan dan merah putih sudah 50.000an potong lebih. Paling banyak pesanan dari wilayah Jawa Tengah. Tapi juga banyak pesanan dari Bali, Sumatra dan Kalimantan,” tukasnya.

Ia menambahkan para pemburu batik Jokowi sebagian besar memang kader dan simpatisan. Namun tak sedikit pula masyarakat umum yang menyukai sosok Jokowi dan kemudian tertarik untuk membeli.

“Kita juga membuat baju jadi dan bahan kain batiknya. Satu lagi, motif batik Jokowi yang banyak diburu itu motif wahyu tumurun Itu motif pakem Jawa yang memang diyakini akan membawa berkah dengan wahyu jabatan. Makanya dengan batik Jokowi ini, mudah-mudahan dan kami yakin Pak Jokowi bisa mimpin dan terpilih lagi,” pungkasnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com