JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Emoh Sebut Angka 2 Saat Hitung Mundur Melepas Peserta Gerak Jalan. Ada Apa Dengan Angka 2?

jokowi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kontestasi Pilpres 2019 tampaknya sangat tajam. Bahkan, angka 02 sangat sensitif bagi Capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi).

Lucunya, saat menghitung mundur dalam melepas peserta jalan kaki di Kendari, Sabtu (2/3/2019), Jokowi  tidak menyebut angka 02. Ternyata, bukan kali itu saja Jokowi menghindari menyebut angka 02.

“Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, jalan sehat ini kita mulai. Lima, empat, tiga, satu!” teriak Jokowi seraya mengangkat bendera dari atas panggung.

Jokowi kemudian turun dari panggung dan ikut berjalan diikuti ribuan simpatisan.

Angka dua kini identik dengan lawan Presiden Jokowi di pemilihan presiden 2019, yaitu pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Berdasarkan hasil undian, pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 01 sementara Prabowo – Sandi nomor urut 02.

Baca Juga :  Korban Lapindo Sambut Baik Rencana PUPR Ajukan Usulan Rp 1,5 T untuk Ganti Rugi

Sikap Jokowi menghindari angka dua tersebut bukan sekali itu dilakukan. Saat mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri pada perayaan ulang tahun ke-72, Jokowi juga menghindari menyebut angka dua.

“Saya sampaikan (selamat) ulang tahun yang ke-71 ditambah 1 dan semoga Allah selalu memberikan kesehatan kepada beliau, memberikan kebahagian kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Jokowi di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu (23/1/2019) lalu.

Cara mengucapkan angka 72 yang berbeda itu pertama kali dilakukan oleh para komedian, yakni Butet Kertaradjasa, Lies Hartono alias Cak Lontong, dan Insan Nur Akbar, yang tampil saat membuka acara perayaan ulang tahun Megawati saat itu. Lewat lawakannya, mereka menghindari menyebut angka dua dengan alasan menjelang pemilihan umum.

Baca Juga :  Jokowi Minta Pelaku UMKM Kerja Lebih Keras di Tengah Pandemi

Tiga komedian itu juga sempat menjadikan Megawati sebagai bahan guyonan karena bertambah usia di tahun politik.

“Ulang tahun, kok, di tahun politik,” kata Butet yang diikuti gelak tawa para tamu undangan.

Megawati kemudian turut mengikuti tingkah trio komedian itu. Saat memberi sambutan pada para tamunya, ia mengaku baru sadar jika ini tahun politik.

“Saya tadi baru ingat, salahnya ini tahun politik, jadi umur saya sekarang 1 ditambah 1 dan 7 (72),” ucapnya yang juga diikuti gelak tawa.

www.tempo.co