JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kagumi Sragen, Menteri Puan Maharani Minta Warga Berani Lapor Jika Penerima Bantuan Pemerintah Dikurangi! 

Menko PMK, Puan Maharani saat memberikan pengatahan dalam kunjungan ke Sragen, Sabtu (16/3/2019). Foto/Wardoyo
Menko PMK, Puan Maharani saat memberikan pengatahan dalam kunjungan ke Sragen, Sabtu (16/3/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Menko PMK Puan Maharani menyempatkan berkunjung ke Sragen, Sabtu (16/3/2019). Selain menyerahkan sejumlah bantuan, ia meminta kepada warga agar berani melapor jika menemukan indikasi pengurangan bantuan dari pemerintah.

Hal itu disampaikan Puan saat menyerahkan secara simbolis bantuan ke beberapa kalangan di Pendapa Rumdin Bupati, Sabtu (16/3/2019).

Kepada penerima bantuan PKH Mandiri, Puan berpesan agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan. Putri Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri itu juga meminta masyarakat agar tak segan melaporkan kepada pemerintah jika masih ada pengurangan jumlah bantuan.

Di sisi lain, ia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sragen yang membuat program PKH Mandiri. Diharapkan, bantuan pemerintah untuk masyarakat dapat dimanfaatkan secara baik dan benar.

Baca Juga :  Bawaslu Sragen Tolak Dugaan Langgar Kode Etik, Begini Sanggahan Mereka

Puan mengatakan roadshow ke daerah itu dilakukannya untuk memastikan bantuan pemerintah diterima dengan baik oleh masyarakat Sragen.

Pada kesempatan itu, Menko Puan mengapresiasi langkah Kabupaten Sragen dalam memberikan PKH Mandiri.

“Ini baru saya temui di Kabupaten Sragen,” paparnya.

Sekadar tahu, di Kabupaten Sragen KPM PKH Mandiri diapresiasi dengan pemberian stimulan masing-masing Rp 2 juta dari MATRA (Mitra kesejahteraan Rakyat) yaitu donasi dari ASN yang dikelola secara profesional.

Pada tahun 2017, sebanyak 7 orang dinyatakan telah mandiri, di 2018 juga dientaskan sebanyak 25 orang.

Adapun pada 2019, hingga bulan Maret ini sebanyak 42 orang telah mandiri. Jika ditotal sudah 74 orang yang telah mandiri dari program PKH di Kabupaten Sragen.

Baca Juga :  Kabar Duka, 3 Warga Sragen Kembali Meninggal Dunia Terkait Covid-19 Hari Ini. Dua Orang Berstatus Positif, Satunya Suspek, Total Sudah 62 Warga Meninggal

“Hebat. Tentu butuh suatu keberanian bagi mereka yang menyatakan dirinya sudah mandiri. Bayangkan setelah beberapa kali mengikuti PKH akhirnya mereka menjadi mandiri. Padahal disatu sisi banyak orang di Indonesia yang ingin sekali mendapatkan bantuan PKH,” tandas Puan.

Selain PKH, pada kesempatan itu, Menko Puan juga memberikan bantuan pemerintah lainnya seperti BPNT, KIP, Bumdes, Alsintan (Alat Mesin Pertanian), Sarana Prasarana Pendidikan dan Ibadah, Kacamata Baca Plus, PMT Balita dan Ibu Hamil. Termasuk, bantuan TIK, Paket APE, BOS Pesantren, bantuan Al Qur’an, bantuan bimbingan manasik haji dan lain-lainnya. Wardoyo