JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kapolda Jateng Tegaskan TNI-Polri Netral di Pemilu 2019. Imbau Peserta Kampanye Terbuka Tertib Patuhi Ketentuan! 

Irjen pol condro kirono
Irjen pol condro kirono

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV / Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019 di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jum’at (22/3/2019).

Apel ini diikuti oleh ribuan personel baik dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas serta potensi Masyarat lainnya.

Dalam Apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan pembacaan ikrar Deklarasi yang diikuti oleh TNI, Polri, ASN dan Potensi Masyarakat serta peserta Pemilu 2019 untuk menyukseskan Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Kapolda Jateng menyampaikan salah salah satu tahapan pemilu 2019 yang menjadi perhatian pengamanan adalah tahapan kampanye rapat umum.

Baca Juga :  Wouw... Hutan Tinjomoyo Bakal Dilengkapi Jembatan Kaca

Dalam kampanye rapat umum ini para peserta Pemilu boleh memobilisasi masa di lapangan-lapangan yang jadwalnya sudah diatur 2 hari sekali yang akan dimulai hari Minggu tanggal 24 Maret 2019 mendatang.

“Oleh karenanya setiap ada even yang besar, kita akan konsolidasi dengan melaksanakan apel kesiapan untuk siap diterjunkan dalam pengamanan,” ungkap Irjen Pol Condro Kirono.

Kapolda menambahkan, untuk mengamankan Pemilu 2019 ini Polri akan menerjunkan 23.000 lebih personelnya serta mendapatkan perkuatan dari TNI sejumlah 12.000 lebih personel. Sedangkan dari Pemprov Jateng akan menyiapkan Linmas sejumlah 2 personel disetiap TPS.

Baca Juga :  Gubernur Jateng Minta Penderita Diabetes dam Hipertensi Tetap di Rumah Saja

“Tadi kita juga dengarkan bersama, komitmen TNI Polri serta ASN itu netral dan akan mengamankan Pemilu 2019 ini. Juga tadi ada deklarasi dari peserta Pemilu yang komitmen untuk melaksanakan tahapan kampanye rapat umum dengan tertib dan akan mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku serta menjaga persaudaraan dan persatuan,” imbuh Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng menegaskan Jateng termasuk dalam kategori wilayah yang aman, namun TNI Polri dan Pemprov tidak underestimate dalam mengamankan Pemilu 2019 ini. Wardoyo