JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tol Madiun Masih Banjir, Ruas Satu Lajur Dijadikan 2 Arah

Genangan air di jalur B KM 603+800 hingga KM 604+200 Tol Caruban-Madiun. surya.co.id/rahadian bagus priambodo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Genangan air di jalur B KM 603+800 hingga KM 604+200 Tol Caruban-Madiun. surya.co.id/rahadian bagus priambodo

MADIUN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Banjir masih menggenangi jalan tol Madiun di ruas jalur B Surabaya-Solo, Kamis (27/3/2019) sore.

Di lokasi banjir tersebut rekayasa lalu lintas di ruas jalan masih diberlakukan oleh anggota Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Dengan rekayasa itu, jalan yang semula hanya dipakai untuk satu lajur, kini dipakai untuk 2 lajur.

Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Bambang Sukmo Wibowo mengatakan, sejak pagi berada di lokasi bersama anggotanya standby untuk mengatur lalu lintas di jalur tol tersebut.

“Rekayasa lalu lintas Contra Flow tetap kami berlakukan hingga air banjir yang menggenangi jalan tol Madiun surut,” ungkapnya saat dihubungi Surya melalui telewicara, Kamis (27/3/2019).

Baca Juga :  Oknum Karyawati Bank BRI Aceh Kabur Uang Nasabah Rp 6 Miliar, Sasarannya Bapak-bapak, Para Pengusaha Hingga Pedagang Kelas Kakap

Bambang memaparkan rekayasa lalu lintas Contra Flow yang diterapkannya ampuh mengurai kepadatan kendaraan yang melalui jalur tol Madiun dari dua arah, Surabaya ke Jawa Tengah dan sebaliknya.

Contra Flow pertama yang diterapkan yakni adalah rekayasa lalin buka tutup jalur lantaran jalur. Karena semakin bertambahnya volume kendaraan dari arah Surabaya menuju ke Jawa Tengah pihaknya memutuskan untuk memakai metode rekayasa lalin Contra Flow menggunakan Traffic Cone. Adapun rekayasa Contra Flow memakai Traffic Cone ini sepanjang lima kilometer.

“Masing-masing jalur menggunakan satu lajur ada di sisi utara yang seharusnya itu diperuntukkan untuk jalur A dari Jawa Tengah ke Surabaya,” terangnya.

Baca Juga :  Terkait Tuntutan Rendah, Komisi Kejaksaan Panggil Novel Baswedan

Menurut dia, pihaknya akan mempertahankan rekayasa lalu lintas Contra Flow di jalur Tol Madiun hingga batas waktu yang belum ditentukan. Saat ini lalu lintas mulai kembali normal meski tadi sempat terjadi kepadatan kendaraan yang berada di jalan tol.

Informasinya, saat ini di lokasi kondisi gerimis kami khawatir jika terjadi hujan air dari sawah yang berada persis di samping ruas tol meluber menggenangi jalan.

“Jadi kami masih mempertahankan Contra Flow hingga memastikan banjir surut,” pungkas Bambang.

www.tribunnews.com